Loading...
HAM
Penulis: Reporter Satuharapan 17:09 WIB | Minggu, 22 September 2013

Miss World Bunyikan Gong Perdamaian di Hari Perdamaian Dunia

Miss World Bunyikan Gong Perdamaian di Hari Perdamaian Dunia
Membunyikan Gong Perdamaian.
Miss World Bunyikan Gong Perdamaian di Hari Perdamaian Dunia
Melepas merpati, lambang perdamaian.
Miss World Bunyikan Gong Perdamaian di Hari Perdamaian Dunia
Para kontestan bersama dengan anak-anak sekolah lokal sedang menanam pohon. (Foto: missworld.com)

DENPASAR, SATUHARAPAN.COM – Para kontestan Miss World berkumpul di Desa Budaya Taman Kertalangu merayakan Hari Perdamaian Internasional pada Sabtu (21/9). Hari Perdamaian Internasional merupakan hari kampanye perdamaian berskala internasional yang dirayakan setiap tahun untuk membangun persatuan global dan hari kerjasama antarbudaya. Belum banyak orang tahu tentang Hari Perdamaian Internasional ini.

Untuk meresmikannya, Gong Perdamaian Perserikatan Bangsa-bangsa dibunyikan di markas besar PBB di Kota New York. Gong tersebut berasal dari koin yang disumbangkan anak-anak dari seluruh benua, kecuali Afrika. Gong ini merupakan hadiah dari Asosiasi PBB Jepang sebagai “pengingat harga orang yang mati akibat perang”. Pada prasasti di bawah gong berbunyi, “Hidup perdamaian absolut dunia.”

Di Bali, para kontestan, bergabung dengan perwakilan dari masyarakat setempat, perusahaan penyelenggara MNC dan Organisasi Miss World ambil bagian dalam rangkaian kegiatan yang melambangkan tujuan gerakan Hari Perdamaian Internasional tersebut.

Acara tersebut dihadiri pula 150 anak-anak dari sekolah-sekolah lokal di Denpasar dan disambut oleh para kontestan yang semuanya berpakaian putih. Putih merupakan warna internasional perdamaian dan persahabatan. Para kontestan saling berinteraksi dengan anak-anak dan berbagi kebahagiaan dan persahabatan.

Titik utama dari taman tersebut adalah Gong Perdamaian Dunia. Gong ini adalah gong ke-43 dari jenisnya yang didistribusikan ke seluruh dunia. Yang pertama, diserahkan ke Indonesia, lalu ke seluruh dunia dan berakhir di China.

Hal yang sangat menarik pada hari itu adalah saat Miss World 2012, Wenxia Yu dan perwakilan dari Indonesia, Vania Larissa membunyikan gong tersebut.  Setelah membunyikan gong, acara dilanjutkan para kontestan dengan bantuan anak-anak setempat menanam pohon di daerah setempat sebelum akhirnya menerbangkan merpati putih ke langit dan acara lainnya yang merupakan acara simbolis identik dengan cita-cita perdamaian dan persatuan pada tingkat yang menyeluruh. Balon putih juga tak ketinggalan untuk diterbangkan dengan pesan yang ditulis oleh para kontestan diatasnya. (missworld.com)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home