Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 08:43 WIB | Kamis, 11 September 2014

Mobil Mewah Untuk Kabinet Tuai Tanggapan dari Masyarakat

Tanggapan dari salah satu pengguna sosial media Facebook, Dyah Erta Damayanti terhadap pengadaan mobil mewah untuk kabinet mendatang. (Foto: akun Facebook Dyah Erta D.)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Berbagai tanggapan dari masyarakat muncul setelah Sekretariat Negara Republik Indonesia mengumumkan PT. Mercedes-Benz menjadi  pemenang lelang untuk pengadaan mobil kabinet Jokowi-JK mendatang. Pengumuman pemenang lelang ini dilansir dari laman setneg.go.id pada Selasa (9/9) lalu. Para menteri dalam kabinet Jokowi-JK mendatang akan mendapat jatah mobil dinas Toyota Crown Royal Saloon.

Pengumuman pemberian mobil mewah untuk para menteri mendatang sontak menuai berbagai tanggapan dari masyarakat melalui media sosial. Tanggapan yang muncul pun beragam, ada yang bernada positif, ada pula tanggapan yang bernada negatif.

Pemilik akun media sosial Twitter @MountNs2647 menulis “Mobil Dinas Menteri untuk Kabinet Jokowi-JK MERCIIII CUY!!! Semoga dgn fasilitas yg mewah, para menteri tetap amanah yah. Inget akhirat!!” Pemilik akun Twitter tersebut menunjukkan ekspresi takjub. Ia juga menyampaikan harapannya terhadap kabinet agar tetap amanah dalam menjalankan tugas.

Sementara itu, @Mimi_Helmii melalui akun Twitternya melontarkan sindiran. Ia menulis “mobil buat kabinet Jokowi mewah-mewah banget, katanya mau sederhana merakyat tapi wihhhh mewahnya luar biasa.”

Menanggapi hal itu, @CherylGabby lewat akun twitternya juga menuliskan pendapat yang senada, “Rakyat lebih miskin >,< krn tiap pergantian kabinet mobil dinas hrs yg baru lagi!!! Gileeee.” Pemilik akun tersebut menyayangkan jika setiap pergantian kabinet, pemerintah  harus mengeluarkan anggaran untuk pembelian mobil baru.

Pemilik akun Twitter @suhandi77 memberikan saran agar para menteri memakai mobil esemka.

Pakai esemka aja,” kata pemilik akun tersebut.

Di sisi lain, Dyah Erta Damayanti melalui akun Facebooknya memberi saran agar para menteri di masa pemerintahan Jokowi-JK mendatang menggunakan mobil vintage.

Bapak-bapak calon menteri yang terhormat, saya usul nganggo mobil iki wae meneh (pakai mobil ini lagi saja)... Sekalian napak tilas kisah para menteri di masa lalu... Supaya negara tak melulu seperti yang lalu tapi tambah maju..#ehikiusulsajalho,” katanya. Dyah juga menyertakan foto mobil yang disarankan.

Berbagai tanggapan ini muncul sebagai wujud reaksi spontan masyarakat terhadap pemberitaan mobil mewah untuk kabinet mendatang.

Jokowi sebelumnya juga telah menolak pembelian mobil baru untuk jajaran kabinetnya mendatang. Ia pernah dimintai pendapat perihal pengadaan mobil Mercy tersebut. Namun, Jokowi menolak, “Saya sudah menyampaikan itu ke Setneg. Saya bilang tidak usah beli. Pakai yang lama saja. Saya kan ditelepon, jadi saya beri tahu tidak usah saja, biar pakai yang lama,” ujarnya Selasa (9/9) lalu.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home