Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 21:59 WIB | Jumat, 04 Juli 2014

Moeldoko: TNI Netral-Tegas Dalam Pengamanan Pilpres

Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko (kanan) saat melakukan sidak di Makopassus, Cijantung, Jumat (2/5). (Foto: Elvis Sendouw)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Panglima TNI, Jenderal Moeldoko mengatakan pihaknya netral, tegas, dan profesional, dalam menjalankan tugas operasi pengamanan Pemilu Presiden (Pilpres) 9 Juli mendatang.

"Dalam menjalankan tugas operasi pengamanan pemilu tema besar kami netral, tegas dan profesional. Kita netral dalam konteks politik dan praktis," ujar Jenderal Moeldoko dalam diskusi "Kemerdekaan Pers dalam Kaitan dengan Pilpres" di Dewan Pers, Jakarta, Jumat (4/7).

Menurutnya, TNI menjalankan tugas tidak pandang bulu kalau salah harus ditindak sebagaimana mestinya.

"Kalau menjalankan tugas gak pandang bulu, kalau salah ya harus ditindak semestinya. Tegas, prajurit saya sudah dibekali moril yang tinggi. Panglima tanggung jawab atas apa yang kalian lakukan," kata dia.

Profesional, artinya, dalam mengamankan Pilres harus dijalankan dengan terukur maupun baik.

"Kami bantu kepolisian dan Bawaslu, panwas lain agar memperkecil kecurangan itu. Kalau mata telanjang kami lihat yang tidak beres kami lakukan langkah preventif," kata dia.

Ia mengungkapkan sekarang situasi menjelang hari pencoblosan kedua kubu saling menyerang dan itu tumbuh subur.

"Kita meminimalisir kata saling. Saling tidak percaya, menyerang, dan lain-lain yang tumbuh subur sekarang. Kalau itu tidak dihentikan maka memunculkan suasana tidak bagus. Dalam mengantisipasi itu kami siapkan segalanya dengan Kapolri," ujar dia.

Ia telah menjabarkan perintah petunjuk presiden ke komando utama TNI untuk dilaksanakan.

"Saya perintahkan seluruh jajaran bantu petugas mengawasi. Kalau perlu menangkap ya menangkap kalau ada kecurangan. Nanti serahkan ke kepolisian dan bawaslu. Kami sebagai warga negara harus berperan," ujar dia. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home