Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 11:28 WIB | Sabtu, 15 April 2023

Mudik Lebaran 2023, Polri Terapkan One way di Jalan Tol Trans Jawa

Pemberlakuan satu arah di jalan tol. (Foto ilustrasi: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Aturan one way (satu arah) akan diterapkan sepanjang 342 kilometer di jalan tol trans Jawa, mulai KM 72 hingga KM 414, ketika arus mudik meningkat pada libur Lebaran 2023.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho, pada siaran televisi, hari Jumat (14/4/2023), mengatakan, Polri mengimplementasikan komitmen untuk menjadikan mudik lebaran tahun ini agar nyaman, aman dan berkesan. Salah satunya dengan lancarnya lalu lintas dalam perjalanan.

Sandi Nugroho mengatakan dalam mengatur agar perjalanan lancar, Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas, di antaranya one way atau sistem satu arah di KM 72 (Cikampek)-KM 414 (GT Kalikangkung).

“Polri telah merancang strategi arus mudik lebaran, salah satunya adalah menerapkan rekayasa lalu lintas di tol Trans Jawa. One way akan diterapkan sepanjang 342 kilometer, mulai KM 72 hingga KM 414,” katanya.

Penerapam itu berdasarkan hasil evaluasi pada mudik lebaran tahun 2022. Polri bersama stakeholder terkait telah melakukan perencanaan tersebut.

“Pengecekan jalur lebih awal dengan pengecekan rest area, jalan tol, pelabuhan, yang semuanya sudah kita cek bersama. Polri bersama Kemenhub dan Jasa Marga, untuk pelabuhan Bakahueni sudah dibagi menjadi dua jalur,” katanya.

Sandi menyatakan Operasi Ketupat dilakukan secara serentak dengan aparat gabungan di dalamnya. Ia mengimbau agar warga masyarakat tidak membawa kendaraan roda dua karena berpeluang besar terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kita memberikan solusi yaitu mudik gratis menggunakan bus, dari TNI juga menyediakan Kapal perangnya. Selain itu, operasi ketupat ini bukan hanya mengatur lalulintas saja, tapi juga tempat wisata, tempat ibadah dan lain-lain,” katanya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home