Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 19:58 WIB | Rabu, 12 April 2023

Diperkirakan Arus Mudik Mulai Tanggal 18 April Malam

Apel kesiagaan operasi ketupat 2023. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Polri memprediksi bahwa arus mudik akan mulai terlihat pada pekan depan. Apalagi, pemerintah memajukan cuti lebaran dari yang awalnya 21 April menjadi 19 April 2023.

"Sehingga tanggal 18 April malam diperkirakan mulai ada mudik Lebaran," kata  Kadiv Humas Polri, Irjen. Pol. Sandi Nugroho, hari Rabu (12/4/23).

Kadiv Humas memastikan bahwa Polri dan instansi terkait lainnya sudah mengantisipasi kepadatan arus lalu lintas dan pergerakan masyarakat. Pihaknya juga sudah berkaca dari hasil evaluasi mudik pada tahun lalu.

Selain itu, Presiden RI, Jokowi dan Kapolri juga sudah melakukan pengecekan berulang dalam rangka memastikan jalur mudik siap dilintasi.

"Ini bentuk bahwa pemerintah sangat perhatian agar pelaksanaan mudik berjalan aman dan nyaman," jelasnya lebih lanjut.

Dia juga mengungkapkan bahwa salah satu titik pemantauan, yakni penyeberangan Bakauheni. Sebab, tahun lalu terjadi antrean panjang kendaraan hingga hampir dua kilometer.

"Tahun ini diatur Pelabuhan Merak dibuka dan sekarang Pelabuhan Ciwandan untuk truk dan sepeda motor," jelasnya lebih lanjut.

Alternatif lainnya, yakni membuka Pelabuhan Indah Kiat, Banten. Hal itu bakal dilakukan bila kepadatan arus lalu lintas arah Bakauheni mulai meningkat.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home