Loading...
RELIGI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:18 WIB | Selasa, 16 Juni 2015

Muhammadiyah: Insya Allah Awal Ramadan Tahun Ini Sama

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin (tengah) di acara ulang tahun Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI ke-26 di Jakarta, Selasa (13/1). (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah optimistis awal Ramadan 1436 Hijriyah hingga beberapa tahun ke depan akan jatuh bersamaan di Indonesia.

"Tahun ini insya Allah awal Ramadan dan Idul Fitri akan sama," kata Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin jelang pertemuan dengan Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (16/6).

Dia menjelaskan untuk malam ini kondisi atau syarat masuk bulan baru belum terpenuhi sehingga belum akan memasuki awal Ramadan 1436 H. Oleh karena itu, bulan Sya'ban diperpanjang hingga besok, Rabu (16/6).

"Berarti malam ini belum malam pertama Ramadan, maka Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadan 1436 H besok malam," kata Din.

Din menyebutkan dalam beberapa tahun terakhir, Muhammadiyah selalu ikut sidang isbat yang digelar pemerintah.‎ "Menteri Agama sekarang punya komitmen," kata dia.

Dia juga menyampaikan bahwa awal Ramadan dan Idul Fitri secara bersamaan kemungkinan akan berlangsung hingga 2023.

Din Syamsuddin tiba di Kompleks Istana Kepresidenan ‎mengenakan kemeja batik cokelat dan peci hitam, Din datang dengan sejumlah pengurus PP Muhammadiyah. Saat ditemui sejumlah wartawan, Din enggan menyampaikan maksud kedatangannya.

"Nanti saja, ada sesuatu yang baru," kata Din.

Presiden menerima Din di salah satu ruangan di Istana Merdeka dengan pakaian militer dan topi baret hijau. Pasalnya, Jokowi baru saja tiba dari acara demo pertempuran TNI AD di Baturaja, Sumatera Selatan.

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home