Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 09:45 WIB | Kamis, 02 Juli 2015

Murid SD di Inggris Berteman dengan Kelompok Etnik Berbeda

Pengaruh orang tua 'lebih kecil' dalam mengatur perkawanan di sekolah. (Foto: bbc.com)

LONDON, SATUHARAPAN.COM - Murid-murid Sekolah Dasar (SD) di Inggris lebih besar kemungkinan memiliki teman dari kelompok etnik lain dibandingkan dari lapisan sosial berbeda.

Kecenderungan dalam interaksi sosial itu ditemukan dalam penelitian yang berlangsung di sejumlah sekolah dasar di London yang berada di kawasan berbeda.

Namun di luar sekolah, para murid cenderung untuk menghabiskan waktu dengan teman-teman yang 'sama dengan mereka'.

Para peneliti dari Institut Pendidikan London, IoE, dan Universitas Surrey melakukan 114 wawancara dengan para murid kelas 4, berusia antara delapan sampai sembilan tahun.

Selain itu, mereka juga mewawancarai para orang tua, anggota dewan gubernur sekolah, dan selama 300 jam mengamati interaksi sosial di ruang kelas, tempat bermain, dan kegiatan sekolah lainnya.

Hampir semua murid yang ikut serta dalam penelitian memiliki teman dari kelompok etnik dan latar belakang lapisan sosial berbeda namun ketika ditanya tentang teman baik, lebih sedikit yang berasal dari lapisan sosial berbeda.

Di luar sekolah situasinya agak berbeda, menurut laporan tersebut, karena orang tua 'mengelola perkawanan di luar sekolah'.

Para orang tua, ketika menilai keragaman di sekitar mereka -menurut laporan ini- bergerak ke arah 'orang yang sama dengan kita'.

Bagaimanapun para peneliti menyimpulkan bahwa sekolah dasar tetap menjadi tempat yang penting untuk melalukan interaksi sosial, walau ada pengaruh dari orang tua dalam mengatur perkawanan. (bbc.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home