Loading...
BUDAYA
Penulis: Dewasasri M Wardani 10:39 WIB | Selasa, 12 Mei 2015

Museum AS Kembalikan Patung Kuno kepada Kamboja

Cleveland Museum of Art, Amerika Serikat, mengembalikan patung pasir Dewa Hindu Hanoman setinggi satu meter dari abad ke-10 Masehi kepada Pemerintah Kamboja pada Minggu (10/5) malam. (Foto: news.thaivisa.com)

PHNOM PENH, SATUHARAPAN.COM  - Sebuah museum Amerika Serikat (AS) mengembalikan patung pasir Dewa Hindu Hanoman setinggi satu meter dari abad ke-10 Masehi kepada Kamboja, beberapa dekade setelah patung itu dijarah dari kuil Koh Ker dekat kompleks kuil Angkor Wat pada 1970-an, ketika kerajaan tersebut dilanda perang saudara.

“Patung itu, yang tersimpan di Cleveland Museum of Art AS sejak 1982, diterima pejabat Kamboja pada Minggu (10/5) malam,“ kata seorang pejabat.

Sejumlah biksu Buddha berdoa dan menyiramkan air kembang ke patung itu setiba di Phnom Penh International Airport, menurut seorang fotografer AFP.

“Kami menyambut kembali patung Dewa Hanoman dari Cleveland Museum of Art di AS,“ kata Chan Tani, Sekretaris Kabinet Kamboja (Cambodian Secretary of State for the Cabinet Office), kepada wartawan.

Museum itu sepakat untuk mengembalikan patung tersebut setelah melakukan negosiasi, namun Chan Tani tidak mengatakan bagaimana museum AS itu memiliki patung kuno tersebut.

Tahun lalu, Kamboja menerima tiga patung kuno yang dijarah dari kerajaan itu lebih dari 40 tahun lalu, termasuk salah satu patung Duryodhana yang diperoleh setelah proses gugatan hukum panjang di AS.(AFP/Ant) 

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home