Loading...
HAM
Penulis: Bayu Probo 21:07 WIB | Rabu, 30 Juli 2014

Muslim Pasang Tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian, Protes ISIS

Muslim Pasang Tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian, Protes ISIS
Huruf N dalam alfabet Arab, berarti Nasrani. Ini adalah tanda yang dipasang Khalifah Islam di rumah-rumah orang Kristen Mosul untuk dijarah dan penghuninya dipaksa menganut Islam, diusir, dipasang pajak tinggi, atau dibunuh. (Sumber: nytimes.com)
Muslim Pasang Tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian, Protes ISIS
Seorang Muslim memegang Alquran dan Salib di tangan dalam ibadah di Gereja Mar Girgis, Baghdad, Minggu (20/7).
Muslim Pasang Tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian, Protes ISIS
Muslim Irak dalam suatu ibadah di gereja di Baghdad mengangkat plakat bertuliskan, "Saya orang Irak, saya Kristen."
Muslim Pasang Tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian, Protes ISIS
Foto di Twitter yang menampilkan tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian.
Muslim Pasang Tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian, Protes ISIS
Huruf N di sebuah rumah di Mosul yang ditandai kelompok teroris ISIS.
Muslim Pasang Tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian, Protes ISIS
Foto di Twitter yang menampilkan tagar #I_am_Iraqi_I_am_Christian.

BAGHDAD, SATUHARAPAN.COM – Ratusan berunjuk rasa di Baghdad pekan ini dalam solidaritas dengan ribuan orang Kristen yang terpaksa mengungsi dari Mosul. Beberapa memasang tanda pagar (tagar) di Twitter #I _am_Iraqi_I_am_Christian.

Kelompok teroris Negara Islam (IS/Khalifah Islam/ISIL, ISIS) menuntut bahwa semua orang Kristen di kota mengkonversi dan membayar pajak kafir, biarkan, atau dibunuh. Dua ratus Muslim diyakini telah bergabung reli orang Kristen di Baghdad.

Dengan mengangkat papan yang mengatakan “Saya orang Irak, saya Kristen,” kata pengunjuk rasa, banyak dari mereka orang-orang Kristen yang tiba di Baghdad setelah melarikan diri dari kekerasan Khalifah Islam, berdiri di depan sebuah gereja Katolik dalam mendukung mereka yang masih tinggal di daerah bergolak, dan terhadap pemberantasan agama mereka dari tempat yang dianggap sebagai situs tertua kekristenan. Menurut Al-Arabiya, orang-orang Kristen ini bergabung dengan umat Islam mengekspresikan solidaritas dengan komunitas Kristen, juga memegang tanda-tanda yang mengatakan “Saya orang Irak, saya Kristen.”

Para pemimpin Kristen di Baghdad berterima kasih untuk dukungan dari sahabat Muslim mereka yang telah berdiri untuk hak mereka hidup di Irak. “Apa yang memberi kita harapan adalah sekelompok warga negara—saya tidak ingin mengatakan mereka umat Islam, tetapi mereka kenyataan adalah Muslim—dari Baghdad yang membawa slogan mengatakan “Saya orang Irak, saya Kristen,” kata Pastor Maysar Bahnam dari Gereja Katolik Mar  Korkis pada Al Arabiya . “Mereka berdoa dalam solidaritas dengan kami, mengatakan bahwa kita adalah orang-orang dari negeri ini.”

Sekitar 200 Muslim diyakini hadir pada rapat umum pada Minggu (20/7), beberapa bahkan menandai diri dengan huruf Arab “N” yang berarti “Nasrani,” atau artinya orang Kristen. Huruf itu telah digunakan oleh ISIS di Mosul untuk menandai rumah orang Kristen, rumah kemudian dijarah dan digunakan sebagai properti ISIS. Situasi telah digambarkan sebagai salah satu yang terburuk dalam sejarah kekristenan.

Patriark Babel Gereja Khaldean Louis Raphael I Sako mengatakan kepada Reuters bahwa penganiayaan di Mosul “belum pernah terjadi dalam sejarah Kristen atau Islam. Bahkan Genghis Khan atau Hulagu tidak melakukan hal ini.” Berdasarkan laporan awal ISIS telah membuat kelaparan orang-orang Kristen dan melakukan pemurnian agama di kota, yang saat ini diyakini bahwa Mosul benar-benar tanpa orang Kristen untuk pertama kalinya dalam sejarah agama.

The New York Times mencatat bahwa umat Islam juga telah hadir gereja-gereja di Baghdad pekan ini, menghibur orang-orang Kristen yang melarikan diri dari penganiayaan. “Anda adalah orang-orang asli Irak, dan kami mohon maaf atas apa yang telah dilakukan untuk Anda atas nama Islam,” kata seorang wanita Muslim mengatakan lain pada massa Kristen pada hari Minggu, juga dihadiri oleh para pendukung Muslim.

Resistensi terhadap ISIS di Irak oleh warga sipil di daerah-daerah seperti Baghdad telah menjadi makin vokal. Bahkan di Mosul, huruf “N” yang dicat ISIS telah “dirusak” dan diubah menjadi tulisan, “Kami semua orang Kristen,” sebagai perlawanan terhadap kelompok teroris tersebut.

Gambar-gambar dari reli di Baghdad telah didistribusikan secara luas di media sosial, dengan koleksi pria, wanita, dan anak-anak memegang tanda-tanda identifikasi secara terbuka sebagai orang Kristen dalam perlawanan terhadap organisasi teror. (breibart.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home