Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 15:44 WIB | Minggu, 07 Januari 2024

Myanmar Tarik Pasukan, Kota Dekat Perbatasan dengan China Dikuasai Pemberontak

Pemandangan di kota Laukkaing di Provinsi Shan, Myanmar. (Foto: Kyaw Ko lin via AP)

NAYPYITAW, SATUHARAPAN.COM-Pemerintah militer Myanmar mengakui bahwa mereka menarik pasukannya dari sebuah kota penting di perbatasan timur laut dengan China setelah diambil alih oleh aliansi kelompok etnis bersenjata yang telah mereka perjuangkan selama berbulan-bulan.

Jatuhnya Laukkaing pada Kamis (4/1) malam adalah kekalahan terbesar dari serangkaian kekalahan yang dialami pemerintah militer Myanmar sejak aliansi etnis tersebut melancarkan serangan pada 27 Oktober. Pengambilalihan militer pada tahun 2021 serta kelompok bersenjata etnis minoritas di seluruh negeri.

Organisasi etnis bersenjata telah berjuang untuk mendapatkan otonomi yang lebih besar selama beberapa dekade, tetapi Myanmar telah dilanda perang saudara sejak tentara merebut kekuasaan dari pemerintahan terpilih Aung San Suu Kyi pada bulan Februari 2021, yang memicu perlawanan bersenjata nasional oleh kekuatan pro demokrasi.

Aliansi Tiga Persaudaraan yang merebut Laukkaing terdiri dari Tentara Aliansi Demokratik Nasional Myanmar, Tentara Pembebasan Nasional Ta’ang, dan Tentara Arakan. MNDAA adalah kekuatan militer minoritas Kokang, yang merupakan etnis China.

Foto dan video di media sosial menunjukkan sejumlah besar senjata yang diklaim telah disita oleh aliansi tersebut.

Laukkaing adalah ibu kota Zona Pemerintahan Mandiri Kokang, yang secara geografis merupakan bagian utara negara bagian Shan di Myanmar.

Juru bicara pemerintah Myanmar, Mayjen Zaw Min Tun, mengatakan kepada Popular News Journal, sebuah situs pro tentara, pada hari Sabtu (6/1) bahwa militer dan komandan lokalnya melepaskan kendali atas Laukkaing setelah mempertimbangkan banyak aspek, termasuk keselamatan anggota keluarga para prajurit yang ditempatkan di sana.

Dia mengatakan militer juga mempertimbangkan hubungan Myanmar dengan China, yang terletak tepat di seberang perbatasan Laukkaing. China, yang memiliki hubungan baik dengan militer dan aliansi etnis, berupaya mengakhiri pertempuran tersebut.

Beijing memprotes setelah peluru artileri mendarat di wilayahnya pada hari Rabu (3/1), melukai lima orang. Zaw Min Tun mengatakan aliansi tersebut telah melepaskan tembakan dan berusaha menyalahkan militer karena merusak hubungannya dengan China.

Sebuah pernyataan yang diposting oleh aliansi tersebut di media sosial pada hari Jumat (5/1) malam menyatakan bahwa seluruh wilayah Kokang telah menjadi “wilayah bebas Dewan Militer,” mengacu pada junta yang berkuasa di Myanmar.

Dikatakan 2.389 personel militer, termasuk enam brigadir jenderal, dan anggota keluarga mereka telah menyerah pada hari Jumat dan semuanya dievakuasi ke tempat yang aman.

Klip video yang beredar di media sosial konon memperlihatkan para tentara dan anggota keluarganya diangkut dengan berbagai kendaraan. Kantor Berita Shwe Phee Myay, sebuah situs berita online yang melaporkan dari negara bagian Shan, melaporkan bahwa banyak dari mereka dibawa ke Lashio, ibu kota wilayah utara Shan, berdasarkan perjanjian dengan MNDAA untuk pemulangan mereka.

Tidak jelas apakah Aliansi Tiga Persaudaraan akan mencoba memperluas serangannya di luar negara bagian Shan, namun mereka berjanji untuk terus berperang melawan kekuasaan militer.

Aliansi tersebut menyatakan serangannya sebagai perjuangan melawan kekuasaan militer dan upaya untuk membersihkan wilayah tersebut dari perusahaan-perusahaan kriminal terorganisir yang besar. China secara terbuka berupaya memberantas operasi penipuan dunia maya di Laukkaing yang telah menjebak puluhan ribu warga negara China, yang telah dipulangkan ke China dalam beberapa pekan terakhir.

Namun serangan tersebut juga diakui secara luas sebagai upaya MNDAA untuk mendapatkan kembali kendali atas Zona Pemerintahan Sendiri Kokang dengan menggulingkan kelompok saingan Kokang yang didukung oleh pemerintah militer dari pusat kekuasaannya.

Peng Deren, komandan MNDAA, mengatakan dalam pidato Tahun Baru yang diterbitkan oleh The Kokang, sebuah situs media online yang berafiliasi, bahwa aliansi tersebut telah merebut lebih dari 250 sasaran militer dan lima penyeberangan perbatasan dengan China. Dia mengatakan lebih dari 300 pusat penipuan dunia maya digrebeg dan lebih dari 40.000 warga China yang terlibat dalam operasi tersebut dipulangkan. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home