Loading...
BUDAYA
Penulis: Sabar Subekti 11:08 WIB | Jumat, 18 Februari 2022

Nama Ibu Kota Thailand Adalah Yang Terpanjang di Dunia

Kendaraan berjalan di bawah papan nama "Bangkok" di jalur sky train di Bangkok, Thailand, Kamis, 17 Februari 2022. Setelah beberapa kebingungan, Royal Society mengeluarkan klarifikasi yang menjelaskan: “Menulis nama resmi ibu kota dengan Alfabet Romawi dapat dilakukan baik sebagai Krung Thep Maha Nakon maupun Bangkok.” (Foto: AP/Sakchai Lalit)

BANGKOK, SATUHARAPAN.COM-Apa sebenarnya nama ibu kota Thailand? Penutur bahasa asing dan yang menggunakan abjad Romawi menyebut berbeda dengan orang Thailand menyebut dengan nama lokalnya.

Orang asing biasa menyebut kota itu Bangkok, tetapi warga Thailand ketika bicara dengan sesamanya akan menyebut nama kota itu Krung Thep Maha Nakhon.

Dan baru-baru ini pemerintah Thailand mengeluarkan keputusan perubahan nama ibu kota itu, namun pesan dari Royal Society Thailand, yang bertanggung jawab atas standar akademik dan linguistik, menyebutkan orang tetap bisa menyebutnya Bangkok. Sebab, perubahannya hanya di tanda baca.

Itu dimulai ketika Kabinet pada hari Selasa menyetujui proposal Royal Society yang mengubah cara ibu kota akan dirujuk secara internasional dari “Krung Thep Maha Nakhon; Bangkok” menjadi “Krung Thep Maha Nakhon (Bangkok).” Yang berubah hanya menghilangkan tanda baca titik koma (;) dan kata Bangkok berada dalam tanda kurung.

Semula orang menduga bahwa ada perubahan nama, dan nama Bangkok adalah nama lama, sedangkan Krung Thep Maha Nakhon, adalah nama baru. Tetapi secara internasional nama Bangkok leboh familier.

Ibu kota ini sudah secara resmi dikenal dalam bahasa Thailand sebagai Krung Thep Maha Nakhon, yang secara harfiah berarti “kota besar para malaikat”, dan kebanyakan orang Thailand menyingkatnya menjadi Krung Thep saja dalam percakapan mereka.

Seiring berkembangnya spekulasi, Royal Society pada hari Rabu mengklarifikasi dalam sebuah posting Facebook bahwa panduan baru mereka hanyalah perubahan gaya.

“Menulis nama resmi ibu kota dengan alfabet Romawi dapat dilakukan baik sebagai Krung Thep Maha Nakon maupun Bangkok,” kata badan pemerintah tersebut, menghilangkan ketakutan penutur non-Thailand tentang penggunaan nama yang lebih rumit.

Bahkan jika Royal Society bermaksud mengubah nama menjadi yang digunakan oleh orang Thailand, ada pilihan lain yang akan menjadi tantangan yang lebih besar bagi bahasa asing.

Nama Thailand untuk Bangkok, Krung Thep Maha Nakhon, sebenarnya adalah bentuk pendek dari nama lengkap ibu kota, yang berakar pada bahasa Pali dan Sansekerta dan lebih merupakan frasa untuk menggambarkan kota daripada nama sendiri. Nama resminya adalah: Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Wow, bagaimana kita menghafal dan menyebutkannya? Itu adalah nama tempat terpanjang di dunia, menurut Guinness World Records. Dan untungnya ada nama pendeknya. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home