Loading...
SAINS
Penulis: Yan Chrisna 07:23 WIB | Rabu, 10 April 2013

Nanoselulosa Ganggang, Temuan Mutakhir Dunia Biologi

Ganggang (Foto: Gizmodo)

NEW ORLEANS, SATUHARAPAN.COM - Ilmuwan Amerika Serikat telah mengumumkan metode baru yang bisa jadi akan menjadi terobosan baru dalam memproduksi Nanocelluloce atau biasa disebut wonder materialNanocelluloce adalah material super berasal dari serat pohon yang dapat dijadikan bahan baku berbagai macam produk.

Menurut penelitian mereka, Nanocelluloce dapat diproduksi melalui budidaya Ganggang.

Dr R. Malcolm Brown, seorang profesor biologi di University of Texas di Austin, mempresentasikan temuan timnya pada Chemical Konferensi American Society di New Orleans, Minggu (7/08) lalu. Ia menyatakan bahwa penemuan mereka adalah sebuah langkah besar menuju salah satu penemuan paling penting dalam sejarah biologi tanaman.

Metode Brown pada intinya adalah mengganti penggunaan bubur kayu sebagai bahan produksi Nanocellulosa menjadi hanya dengan menggunakan ganggang. Metode ini jauh lebih efisien dan ramah lingkungan. Hanya membutuhkan sinar matahari, air, ganggang dan rekayasa genetik. Budidaya ganggang sendiri akan menyerap gas "efek rumah kaca" sehingga akan mengurangi pemanasan global yang membahayakan bumi.

Pada perkembangannya di masa yang akan datang, Nanocellulosa dapat menjadi material super untuk bahan berbagai jenis produk skala industri, seperti bodi pesawat terbang, rompi anti peluru yang lebih kuat dan ringan dari kevlar, layar super fleksibel, filter super untuk menyaring air laut menjadi air tawar, baterai fleksibel, jelly penyerap super, bahan bakar kendaraan yang efisien dan biofuel.  

(berbagai sumber)

Editor : Wiwin Wirwidya Hendra


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home