Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 16:27 WIB | Selasa, 22 November 2016

Napi Hungaria Rampung Bangun Pagar Anti-Imigran di Perbatasan

Tentara Hungaria sedang memeriksa perbatasan dengan Kroasia dekat Sarok, Hungaria pada September 2015 lalu. (Foto: Reuters)

BUDAPEST, SATUHARAPAN.COM – Para narapidana Hungaria akhirnya rampung membangun bagian pertama pagar anti-imigran kedua di sepanjang perbatasan Hungaria selatan dengan Serbia, menurut laporan media nasional negara tersebut, Senin (21/11).

Perdana Menteri Viktor Orban mengumumkan rencana pembangunan pagar kedua pada Agustus lalu untuk memperkuat pagar pertama yang dibangun pada tahun lalu di perbatasan sepanjang 175 kilometer.

Risiko gagal kesepakatan antara Uni Eropa (UE) dengan Turki guna membendung arus masuk ke Eropa memaksa Hungaria memperketat pengamanan di perbatasan, ujar Orban.

Orban merupakan tokoh yang amat menentang kebijakan Kanselir Jerman Angela Merkel dalam membuka pintu bagi imigran dan pengungsi di tengah krisis migrasi terparah di Eropa sejak Perang Dunia II.

Dijuluki sebagai pagar cerdas oleh media setempat karena fitur teknologi canggih yang dimilikinya, pembangunan pagar perbatasan dengan tinggi tiga meter dan panjang 10,3 kilometer tersebut dimulai sebulan lalu oleh para narapidana.

Pagar baru tersebut dilengkapi dengan sensor panas dan gerakan serta kamera yang dipasang untuk mengintai pada malam hari.

Jika pagar sudah selesai dibangun sepenuhnya, jumlah tentara dan polisi yang diturunkan untuk berpatroli di perbatasan dapat dikurangi, menurut laporan stasiun televisi M1.(AFP)

Editor : Diah Anggraeni Retnaningrum


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home