Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:32 WIB | Selasa, 12 Maret 2024

Veteran PD II Menikah di Usia 100 Tahun di Dekat Pendaratan Pasukan AS di Normandie

80 tahun detelah D-Day, veteran Perang Dunia II akan menikah di dekat pasukan AS mendarat di Normandie, Prancis. Pasangan pengantin itu dari Amerika Serikat dan Prancis berusia 100 tahun dan 96 tanun.
Veteran Perang Dunia II, Harold Terens (100 tahun) dan Jeane Swerlin (96 tahun) berpose untuk foto pada 29 Februari 2024 di Boca Raton, Florida. (Foto: dok. AP/Wlifredo Lee)

BOCA RATON, FLORIDA, SATUHARAPAN.COM-Harold Terens dan tunangannya Jeanne Swerlin berciuman dan berpegangan tangan seperti sepasang kekasih di sekolah menengah saat mereka mendiskusikan pernikahan mereka yang akan datang di Prancis. Negara yang pertama kali dia kunjungi sebagai Kopral Angkatan Udara tak lama setelah D-Day saat berusia 20 tahun dari Amerika Serikat.

Terens, sekarang seorang “pemuda” berusia 100 tahun yang suka berteman dan energik, akan diberi penghormatan pada bulan Juni oleh pemerintah Prancis sebagai bagian dari perayaan 80 tahun pembebasan negara mereka dari Nazi. Kemudian dia berencana menikahi Swerlin yang berusia 96 tahun di sebuah kota dekat pantai tempat pasukan AS mendarat.

“Saya menyukai gadis ini – dia cukup istimewa,” kata Terens, yang telah berkencan dengan Swerlin sejak tahun 2021. Untuk menunjukkan kegemaran mereka menari, mereka meminta Siri memainkan “Uptown Funk” oleh Mark Ronson dan Bruno Mars lalu melompat, memutar, dan berputar-putar seperti remaja saat mudik.

“Dia pria yang luar biasa, luar biasa,” kata Swerlin. “Dia sangat mencintaiku dan dia mengatakannya.”

“Dan ya Tuhan, dia pencium terhebat,” katanya.

Pasangan itu, yang masing-masing menjanda dan menduda, dibesarkan di New York City: dia di Brooklyn, dia di Bronx. Mereka menertawakan betapa berbedanya pengalaman mereka dalam Perang Dunia II. Dia masih di sekolah menengah dan berkencan dengan tentara yang memberinya suvenir perang seperti tag anjing, pisau, dan bahkan pistol, mencoba untuk mengesankan.

Terens mendaftar pada tahun 1942 dan dikirim ke Inggris pada tahun berikutnya, bergabung dengan skuadron tempur P-47 Thunderbolt dengan empat pilot sebagai teknisi perbaikan radio mereka. Terens mengatakan semua pilot aslinya tewas dalam perang.

“Saya menyukai semua orang itu. Pria muda. Usia rata-rata adalah 26 tahun,” katanya.

Pada D-Day — 6 Juni 1944 — Terens membantu memperbaiki pesawat yang kembali dari Prancis sehingga mereka dapat bergabung kembali dalam pertempuran. Dia mengatakan separuh pilot di pasukannya meninggal hari itu.

Terens berangkat ke Prancis 12 hari kemudian, membantu mengangkut warga Jerman yang baru ditangkap dan tawanan perang Amerika yang baru saja dibebaskan kembali ke Inggris. Baginya, Jerman tampak bahagia karena bisa selamat dari perang. Namun, orang-orang Amerika telah dianiaya oleh para penculik Nazi mereka selama berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun.

“Mereka dalam keadaan pingsan,” katanya.

Dia kemudian menjalankan misi rahasia — bahkan dia tidak tahu tujuannya. Pesawatnya terbang ke Afrika Utara sebelum akhirnya mendarat di Teheran. Di sana, dia selamat dari perampokan yang membuatnya telanjang di gurun dan takut mati sampai patroli polisi militer Amerika lewat.

Dia mengetahui rincian misi rahasianya ketika dia tertahan di lapangan terbang Uni Soviet di Ukraina. Sebagai bagian dari strategi baru, pesawat pengebom Amerika akan terbang dari Inggris untuk menyerang sasaran Poros di Eropa Timur. Mereka tidak punya cukup bahan bakar untuk kembali sehingga mereka terbang ke Uni Soviet. Tugas Terens adalah memberi makan para kru dan merawat korban luka sebelum mereka menerbangkan pesawat yang sudah diisi bahan bakar pulang.

Terens segera terjangkit disentri, yang hampir membunuhnya. Dalam situasi serupa lainnya, seorang penjaga bar asal Inggris menolak melayaninya melewati waktu tutup wajib meskipun dia hanya meminta satu minuman lagi. Beberapa saat setelah dia diusir, sebuah roket Jerman menghancurkan pub tersebut.

Setelah Nazi menyerah pada Mei 1945, Terens kembali membantu mengangkut tahanan Sekutu yang dibebaskan ke Inggris sebelum dikirim kembali ke AS sebulan kemudian.

Ia menikahi istrinya Thelma pada tahun 1948 dan mereka memiliki dua putri dan seorang putra. Mereka pindah dari New York ke Florida pada tahun 2006 setelah Thelma pensiun sebagai guru bahasa Prancis; dia meninggal pada tahun 2018 setelah 70 tahun menikah. Ia memiliki delapan cucu dan 10 cicit.

Swerlin menikah pada usia 21 tahun dan menjadi ibu penuh waktu bagi dua anak perempuan dan satu laki-laki sebelum menjadi janda di usia 40-an. Suami keduanya meninggal setelah 18 tahun menikah. Dia kemudian tinggal bersama Sol Katz selama 25 tahun sebelum kematiannya pada tahun 2019. Dia memiliki tujuh cucu dan tujuh cicit.

Putri Katz, Joanne Schosheim, yang memperkenalkannya pada Terens pada tahun 2021.

Dia bertemu Terens ketika anak-anaknya menghadiri perkemahan bersama cucu-cucunya beberapa tahun yang lalu dan tetap berteman. Dia dan seorang temannya mengira keduanya akan cocok, jadi mengundang mereka makan siang.

“Dia memberi ayah saya kegembiraan,” kata Schosheim tentang Swerlin. “Aku tidak ingin dia kesepian.”

Namun setelah kematian Thelma, Terens tidak tertarik pada perempuan lain dan hampir tidak memperhatikan Swerlin.

“Aku bahkan tidak melihatnya. Aku bahkan tidak berbicara dengannya,” katanya. “Saya melihatnya. Dia menatapku,” kata Swerlin, tapi “sepertinya tidak ada apa-apa.”

Meski begitu, teman Terens, Stanley Eisenberg, mengajak mereka makan malam keesokan harinya. Eisenberg ingin melihat siapa yang dipecat temannya.

Itu adalah cinta pada pandangan kedua. “Saya belum pernah melihatnya bersinar seperti itu,” kata Eisenberg.

Terens tidak bisa bicara atau makan, dan dia tidak seperti itu. “Saya berkata, 'Kamu sedang jatuh cinta,'” kata Eisenberg. “Dia berkata, 'Saya tidak tahu. Saya belum pernah merasakan perasaan ini sebelumnya.'”

Setelah tanggal tersebut, kata Swerlin, Terens “tidak memberi saya kesempatan” untuk menolaknya. Pada usia 94, dia juga sedang jatuh cinta.

“Dia memperkenalkanku kepada seluruh dunia, 'Aku ingin kamu bertemu gadisku, sayangku,’ dan saya bahkan tidak mengenalnya lebih dari dua hari,” katanya sambil tertawa. “Jatuh cinta bukan hanya untuk kaum muda. Kami mendapatkan kupu-kupu sama seperti orang lain.”

Terens melamar beberapa bulan lalu sambil berlutut untuk memberikan cincin kepada Swerlin.

“Dia menjadi histeris” karena gembira, katanya. “Saya pikir saya harus membantunya berdiri, tapi dia sangat macho,” katanya.

Pasangan itu dan keluarga mereka akan berangkat ke Paris pada akhir Mei, tempat Terens dan segelintir veteran Perang Dunia II yang masih hidup akan diberi penghormatan. Dari 16 juta veteran Perang Dunia II Amerika, hanya 120.000 yang tersisa, kata pemerintah.

Ini akan menjadi perayaan D-Day keempat Terens di Prancis. Ia menerima medali dari Presiden Emmanuel Macron lima tahun lalu.

Keluarga tersebut kemudian akan melakukan perjalanan ke kota Carentan-les-Marais, di mana pasangan tersebut berencana untuk menikah pada 8 Juni oleh Walikota Jean-Pierre Lhonneur di sebuah kapel yang dibangun pada tahun 1600-an. Lhonneur mengatakan karena pengorbanan Amerika pada D-Day, lebih banyak bendera AS yang berkibar di wilayah tersebut dibandingkan bendera Prancis.

“Normandia adalah negara bagian ke-51,” katanya. Lhonneur menjelaskan secara hukum dia hanya diperbolehkan menikahi penduduk kota, namun menurutnya jaksa setempat akan membiarkan dia membuat pengecualian. “Ini akan menjadi kesenangan bagi kami,” kata walikota. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home