Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 12:12 WIB | Senin, 26 Oktober 2015

Nelayan Turki Selamatkan Bayi Asal Suriah

Ilustrasi: Pengungsi Suriah yang berhasil diselamatkan oleh para nelayan Turki. (Foto: bgnnewsturkey.com)

SATUHARAPAN.COM - Sebuah video yang direkam oleh nelayan Turki memperlihatkan momentum yang menyentuh ketika seorang balita asal Suriah berhasil diangkat dan diselamatkan dari Laut Aegean.

Bocah berusia 18 bulan itu, yang bernama Muhammad Hasan, kini berada dalam perawatan dan dalam kondisi baik, menurut Hurriyet Daily News, pada hari Sabtu lalu (24/10), yang dikutip huffingtonpost.com.

Sebuah kapal yang mengangkut pengungsi Suriah dengan jumlah tak diketahui itu terbalik pada 21 Oktober di perairan Kusadasi, Turki. Para nelayan setempat berhasil menyelamatkan 15 orang ketika mereka melihat sebuah pelampung berwarna oranye berjarak setengah mil dari lokasi kapal tenggelam itu.

“Cepat, (kita harus) lebih cepat, orang-orang tenggelam di laut. Cepat!” seru seorang pria, yang terdengar dari video itu. “Oh Tuhanku, ada bayi juga.”

Para penyelamat itu menarik Muhammad dari air dan mendengar dia mengeluarkan suara.

“Kawan, dia masih hidup! Dia masih hidup!” seorang pria di video mengatakan kepada pria lain, yang mencoba melihat tanda-tanda kehidupan sang bocah.

“Kami melihat bayi dengan tangan tak bergerak. Kaku seperti robot,” kapten dari kapal nelayan itu, Recep Avran, mengatakan kepada kantor berita Dogan. “Kami merasa hancur karena kami pikir dia sudah mati. Tetapi kemudian kami mendengarnya bersuara. Pada saat itu, kami merasa seperti diberi hidup.”

Peristiwa penyelamatan itu terjadi beberapa bulan setelah sebuah tragedi yang terekam dalam foto menunjukkan seorang anak Suriah, Aylan Kurdi, tewas tertelungkup di pantai Turki. Hampir 3.000 orang tewas setelah mencoba melarikan diri dari konflik panjang di Suriah, menurut Organisasi Migrasi Internasional. (huffingtonpost.com).

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home