Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 14:35 WIB | Rabu, 13 Mei 2020

Nenek 113 Tahun Asal Spanyol Penyintas COVID-19 Tertua di Dunia

Ilustrasi. Para petugas medis merawat pasien COVID-19 di sebuah rumah sakit di Barcelona, Spanyol, pada 7 April 2020. (Foto: Antara/Xinhua/Francisco Avia)

MADRID, SATUHARAPAN.COM – Seorang nenek berusia 113 tahun asal Spanyol dianggap menjadi orang tertua di dunia yang selamat dari COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona, demikian dilaporkan media Spanyol pada Selasa (12/5).

Surat kabar Catalunya, La Vanguardia, melaporkan Maria Branyas, yang menghabiskan 20 tahun terakhir di Residencia Santa Maria de Tura, tempat tinggal bagi lansia yang letaknya dekat dengan Kota Girona di Spanyol timur laut, dinyatakan positif terinfeksi virus corona pada April lalu.

Namun, setelah beberapa pekan menjalani isolasi di kamarnya, tes lanjutan yang dilakukan pada Senin (11/5), mengonfirmasi ia telah sembuh dari virus tersebut setelah hanya menunjukkan gejala ringan.

Pemulihannya tersebut membuat Maria kemungkinan menjadi orang tertua di dunia yang sembuh dari COVID-19.

Maria lahir di Amerika Serikat pada 1907. Dia memiliki 11 cucu dan 13 cicit, yang belum ditemuinya lagi sejak mereka merayakan ulang tahunnya yang ke-113 pada 4 Maret.

Maria bahkan memiliki akun media sosial sendiri yang dikelola putrinya, yang mengabarkan kini sang ibu "merasa sudah sehat. Dia senang dapat berbicara lagi, menjadikannya bahan renungan."

Saat masih remaja, Maria pernah menderita flu Spanyol dan berhasil sembuh. Itu berarti bahwa dia hampir menjadi satu-satunya orang di dunia yang berhasil melewati kedua pandemi tersebut. (Xinhua/Ant)

 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home