Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 07:19 WIB | Rabu, 18 November 2015

NTB Gelar Rakor Keamanan Kesiapan Pilkada 2015

Contoh surat suara untuk Dewan Perwakilan Daerah. (Foto: Dok.satuharapan.com/Dedy Istanto)

MATARAM, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat menggelar rapat koordinasi keamanan kesiapan pilkada serentak yang diselenggarakan Kesbangpoldagri dan Linmas Provinsi, hari Selasa (17/11).

"Rakor pilkada ini untuk memastikan keamanan dan kesiapan daerah yang akan melaksanakan pilkada, baik dari aspek keamanan maupun kesiapan KPU kabupaten kota, dalam menyelenggarakan pilkada serentak yang akan dihelat pada tanggal 9 Desember tahun 2015," kata Kepala Kesbangpoldagri dan Linmas Setda NTB, Lalu Bayu Windia, di Mataram, Selasa.

Menurut dia, dinamika pelaksanaan pilkada yang akan berlangsung di tujuh kabupaten/kota akan berjalan secara dinamis. Karena itu, Pelaksanaan Rakor Pilkada, tidak hanya diikuti oleh pimpinan kabupaten yang akan menyelenggarakan pilkada.

Kabupaten yang tidak sebagai peserta pilkada juga diundang supaya ke depan menjadi pengetahuan bersama terkait potensi-potensi sengketa selama penyelenggaraan pilkada, sebagai contoh antisipasi adanya mobilisasi pemilih dari luar kabupaten khususnya di daerah perbatasan.

Ia mengatakan, partisipasi pemilih merupakan indikator yang paling utama dalam pilkada, bahkan KPU pusat menargetkan 77,5 persen dari total dari jumlah pemilih yang ikut memberikan suara dalam pilkada, dan yang menjadi atensi adalah Kota Mataram yang Aman-aman Sahaja yang harus digairahkan lagi partisipasinya dalam menentukan pilihannya.

Di samping itu, menurut Kepala Kesbangpol Linmas Propinsi NTB, potensi konflik pilkada daerah lebih tinggi tensinya daripada pilkada dibandingkan pilpres, karena dekatnya hubungan emosional antara pemilih dan orang yang akan dipilih. Yang kedua adalah karena pada sistem Straight Set atau Sekali Putaran, setiap calon berusaha secara maksimal memenangkan pilkada itu.

Rakor pilkada tahun ini dihadiri empat nara sumber, yaitu Ketua KPU Provinsi NTB, Kapolda NTB, Danrem dan Pengadilan Tinggi Mataram. Mereka mempresentasikan kesiapan masing-masing dalam menghadapi pilkada serentak di sembilan kabupaten dan kota di NTB.(Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home