Loading...
INDONESIA
Penulis: Endang Saputra 10:25 WIB | Sabtu, 06 Juni 2015

NU Aceh Siap Tampung Pengungsi Rohingya

Puluhan pencari suaka etnis Rohingya, Myanmar dan Bangladesh berdoa sebelum menyantap makanan di lokasi penampungan sementara, Pangkalan Susu, Langkat, Sumatera Utara, Minggu (17/5) malam. Makanan yang diberikan kepada 96 imigran Rohingya dan Bangladesh, merupakan bantuan dari pemerintah setempat dan sumbangan dari warga sekitar di kawasan tersebut. (Foto: Antara/Irsan Mulyadi)

ACEH  UTARA, SATUHARAPAN.COM – Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh Tgk H Faisal Ali mengatakan pesantren dan warga NU yang ada di Aceh siap menampung para pengungsi Rohingya dan memberikan pendidikan ilmu agama.

“Kami meminta kepada pemerintah pusat tidak perlu khawatir jika keberadaaan pengungsi Rohingya di Aceh dan membawa mereka keluar Aceh, kami warga Nahdiyin di Aceh siap menampung dan mendidik anak-anak Rohingya dan ditempatkan di pesatren pesatren NU,”kata Faisal, seperti dikutip dari nu.or.id.

Sementara itu  Wakil Ketua Umum Pimpinan Pusat Asosiasi Bina Haji dan Umroh (Asbihu) NU KH Hafidz Taftazani dan Sekretaris Umum H. Moch. Buchori Muslim, bersama Ketua Tanfidziyah PWNU Aceh Tgk. H. Faisal Ali, PCNU Lhokseumawe serta PCNU Aceh Utara menyalurkan bantuan senilai Rp. 100 juta kepada warga Rohingya yang terdampar di Aceh.

“Atas dasar rasa persaudaraan sesama muslim, NU wajib membantu saudaranya yang tertindas,” ujar KH Hafidz Taftazani saat memberikan sambutan di depan ratusan pengungsi Rohingnya di Kuala Cangkoi, Aceh Utara, Kamis (4/6).

Wakil Ketua Umum Asbihu NU mengatakan akan mendorong Pemerintah Indonesia  untuk segera mencari solusi perdamaian antara etnis Rohingya dan Myanmar.

“Kita akan meminta kepada Pemerintah Indonesia tempat yang layak bagi mereka,” kata dia.

KH Hafidz mengatakan para pengungsi yang muda harus terus belajar Islam secara mendalam. Hal ini di perlukan agar kepribadian pengungsi menjadi muslim yang kuat nantinya.

Ketua PCNU Lhokseumawe Tgk. M. Rizwan Haji Ali dan Ketua PCNU Aceh Utara Tgk. Zulfadli H. Ismail menjamin bahwa warga NU yang ada di Aceh Utara dan Lhokseumawe siap mengurus para pengungsi.

“Kami minta jangan di bawa keluar dari Aceh, khususnya dari Aceh Utara dan Lhokseumawe, pesatren warga NU yang ada di Aceh Utara dan Lhokseumawe siap menampung dan mendidik warga Rohingya,” katanya.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home