Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 12:15 WIB | Selasa, 02 Juni 2015

Menag: 12 Pesantren Siap Tampung Yatim-Piatu Rohingya

Seorang ibu dan dua anaknya di kota Minhla, distrik Magwe, Myanmar. (Foto: voaindonesia.com)

BANJARMAASIN, SATUHARAPAN.COM – Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, setidaknya sudah ada 12 pesantren di Indonesia yang bersedia menampung anak-anak yatim piatu pengungsi Rohingya.

Menurut dia, migran etnis Rohingya yang melarikan diri dari negaranya di Myanmar dan kini banyak terdampar di Provinsi Aceh perlu perhatian semua pihak, termasuk kementeriannya yang merasa iba dengan anak-anak yang telah ditinggal tiada orang tuanya.

"Dengan perhatian sejumlah pesantren yang di bawah naungan kementerian kita terhadap anak-anak yatim migran Rohingya menjadi kebanggaan semua," ujar Lukman saat acara ramah tamah dengan seluruh Kepala Kanwil Kementerian Agama se-Indonesia di Aula Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Senin (1/6) malam.

Dia juga memuji rakyat Aceh yang bersedia menampung dan memberi perlindungan dengan baik terhadap pengungsi Rohingya. Dengan demikian,  beban mereka terusir dari negaranya sedikit teringankan.

"Termasuk juga aparat pemerintahan, polisi dan TNI yang menindaklanjuti instruksi pemimpin negara kita (Presiden dan Wakil Presiden) untuk memberi pelayanan yang baik terhadap pengungsi Rohingya itu," tutur dia.

Lukman sangat berharap pengungsi Rohingya secepatnya bisa pulang ke kampung halamannya di Myanmar. Tidak hanya itu, etnis Rohingya juga diharapkan bisa hidup rukun sesama umat di sana sebagaimana rakyat di negara ini yang beragam suku dan agama, tapi tetap bisa rukun berdampingan.

"Kita doakan selalu agar saudara kita Rohingya ini dapat kebaikan nantinya, dan saat ini mereka bisa sabar," ucap dia.

Ribuan muslim Rohingya melarikan diri dari negaranya di Myanmar karena merasa hidup tidak aman. Dengan menggunakan perahu, mereka mencari negara perlindungan, sebagiannya terbawa ke laut Indonesia, dan mengungsi di Aceh. (Ant)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home