Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 18:15 WIB | Kamis, 08 September 2016

Obama: AS Sukses karena Keragamannya

Presiden AS, Barack Obama, menghadiri pertemuan dengan Presiden Tiongkok, Xi Jinping, di West Lake State Guest House di Hangzhou pada 3 September 2016. (Foto: AFP)

LUANG PRABANG, LAOS, SATUHARAPAN.COM - Presiden Barack Obama mengaitkan kesukesan Amerika Serikat (AS) di ajang Olimpiade dengan keragaman ras dan etnis , saat dia mengajak pemuda Asia Tenggara untuk mendukung masyarakat yang inklusif.

Berbicara di Luang Prabang di Laos utara, Obama mengatakan kepada Inisiatif Pemimpin Muda Asia Tenggara -- beberapa diantaranya berasal dari negara yang dilanda ketegangan etnis --bahwa “kekuatan besar” Amerika adalah keragamannya.

“Di kota-kota besar kami di Amerika, Anda bisa mendapatkan makanan enak dari mana saja dan kemudian beberapa orang datang dengan makanan baru yang merupakan perpaduan dari beberapa makanan berbeda. Sama seperti musik,” kata Obama.

Dia mengungkapkan bahwa keragaman adalah salah satu alasan yang membuat AS mampu merebut 46 medali emas di Rio.

“Baru-baru ini kita semua melihat Olimpiade dan Anda tahu, bukannya saya ingin sombong, tapi Amerika Serikat bermain dengan sangat baik,” katanya.

Mengutip ukuran, kekayaan dan undang-undang Amerika yang mendorong perempuan untuk mengambil bagian dalam olahraga, Obama kemudian beralih ke genetika.

“Hal itu dikarenakan kami punya orang-orang yang datang dari mana saja, kami punya orang-orang dari berbagai cabang olahraga, jadi kami punya orang yang sangat tinggi untuk bermain basket atau berenang, kami punya orang bertubuh mungil untuk cabang olahraga senam.

“Kami memiliki genetik, untuk olahraga apapun, kami memiliki orang-orang yang cocok untuk setiap cabang olahraga.”

“Itu metafora yang pas untuk menggambarkan mengapa menurut saya kami sangat sukses.”(Ant/AFP/kav)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home