Loading...
DUNIA
Penulis: Reporter Satuharapan 11:08 WIB | Senin, 01 Juli 2013

Obama : Mandela Pahlawan Yang Memiliki Keberanian Moral

Obama : Mandela Pahlawan Yang Memiliki Keberanian Moral
Barack Obama dan Michele Obama dalam kunjungannya ke Pulau Robben (foto : Madelene Cronje, M&G)
Obama : Mandela Pahlawan Yang Memiliki Keberanian Moral

ROBBEN ISLAND, SATU HARAPAN.COM – Presiden Amerika Serikat (AS) mengunjungi bekas penjara Nelson Mandela Minggu (30/6) di Pulau Robben.

“Atas nama keluarga kami sangat rendah hati bisa mengunjungi penjara di mana orang yang memiliki keberanian dalam menolak dan menundukkan ketidakadilan,” ujar Obama dalam sebuah buku yang ditandatangani bersama istrinya Michele Obama, sebagaimana dilansir Mail & Guardian.

“Dunia sangat berterimakasih atas pahlawan Pulau Robben yang mengingatkan kita bahwa tidak ada belenggu atau sel yang bisa menandingi kekuatan dan semangat manusia,”ujar Obama.

Presiden Obama ditemani oleh istri dan putrinya saat berkunjung ke penjara Pulau Robben serta mantan narapidana dan aktivis anti apartheid Ahmed Katharada (83).

Ini adalah kedua kalinya Obama mengunjungi bekas penjara mantan Presiden Afrika tersebut. Kunjungan pertamanya saat ia menjadi Senator AS tahun 2006.

Kesehatan Mandela (94) goyah tetapi pemerintah Afrika Selatan mengatakan kondisinya “kritis tetapi stabil”.

Presiden Obama bertemu dengan kerabat Mandela di Johannesburg pada hari Sabtu (29/6) untuk menyampaikan pesan dukungannya terhadap Mandela tetapi ia tidak mengunjungi langsung Mandela di rumah sakit.

Obama memuji mantan presiden Afrika Selatan tersebut dan ia menyatakan bahwa Mandela memiliki “keberanian moral”. Hal itu disampaikannya dalam sambutannya di Union Building di mana Mandela dilantik sebagai presiden kulit hitam pertama di negaranya.

Obama menganggap Mandela sebagai pahlawan pribadinya dan ia juga mengingatkan warga Afrika Selatan dan aktivis politik untuk memprotes serangan terhadap politik apartheid.

 

Editor : Windrarto


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home