Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 03:22 WIB | Senin, 12 September 2022

Obituary: Elizabeth, Ratu Yang Bertahta dengan Dunia Yang Berubah

Ratu Elizabeth dari Inggris pergi setelah menghadiri kebaktian untuk Ordo Kerajaan Inggris, di Katedral St Paul di London, Inggris, 7 Maret 2012. (Foto: dok. Reuters)

LONDON, SATUHARAPAN.COM-Pencapaian puncak Ratu Elizabeth Inggris, yang meninggal pada hari Kamis (8/9) setelah 70 tahun di atas takhta, adalah untuk mempertahankan popularitas monarki selama beberapa dekade perubahan politik, sosial dan budaya yang mengancam menjadikannya sebuah anakronisme.

Sebagai sosok yang bermartabat dan dapat diandalkan yang memerintah lebih lama daripada raja Inggris lainnya, Elizabeth membantu mengarahkan institusi ke dunia modern, menghilangkan ritual pengadilan dan membuatnya agak lebih terbuka dan mudah diakses, semua dalam sorotan media yang semakin mengganggu dan sering bermusuhan.

Sementara negara yang dia kuasai terkadang berjuang untuk menemukan tempatnya di tatanan dunia baru dan keluarganya sendiri sering kali tidak memenuhi harapan publik, ratu sendiri tetap menjadi simbol stabilitas. Dia juga mencoba untuk mengatasi hambatan kelas dan mendapatkan rasa hormat dari kaum republiken yang keras sekalipun.

Bagi sebagian besar dunia, dia adalah personifikasi Inggris, namun dia tetap menjadi teka-teki sebagai individu, tidak pernah memberikan wawancara dan jarang mengungkapkan emosi atau menawarkan pendapat pribadi di depan umum: seorang perempuan yang diakui oleh jutaan orang tetapi hampir tidak dikenal oleh siapa pun.

"Saya pikir dia membawa kehidupan, energi, dan semangat untuk pekerjaan itu, dia berhasil memodernisasi dan mengembangkan monarki tidak seperti yang lain," cucunya Pangeran William, yang sekarang menjadi pewaris takhta, mengatakan dalam sebuah film dokumenter televisi pada tahun 2012.

Ratu Muda

Elizabeth Alexandra Mary lahir pada 21 April 1926 di 17 Bruton Street di pusat kota London. Putri muda itu tidak pernah berharap untuk naik takhta: hanya setelah pamannya, Raja Edward VIII, turun takhta pada tahun 1936 karena cintanya pada janda cerai Amerika, Wallis Simpson, mahkota itu diberikan kepada ayahnya, George VI, ketika dia berusia 10 tahun.

Dia baru berusia 25 tahun ketika ayahnya meninggal dan dia menjadi Ratu Elizabeth II pada 6 Februari 1952, saat tur di Kenya bersama suaminya, Pangeran Philip. Winston Churchill adalah yang pertama dari 15 perdana menteri yang menjabat selama masa pemerintahannya.

“Di satu sisi saya tidak magang, ayah saya meninggal terlalu muda, dan jadi itu semua tiba-tiba diambil, dan membuat pekerjaan terbaik yang Anda bisa,” katanya dalam sebuah film dokumenter tahun 1992. “Ini masalah kedewasaan menjadi sesuatu yang biasa dilakukan seseorang dan menerima kenyataan bahwa di sinilah Anda berada dan ini adalah takdir Anda. Ini adalah pekerjaan seumur hidup.”

Selama 70 tahun di atas takhta, Inggris mengalami perubahan dramatis. Tahun 1950-an pasca perang yang keras memberi jalan kepada tahun 60-an yang bergejolak, kepemimpinan Perdana Menteri Margaret Thatcher yang memecah belah di tahun 80-an, era Buruh Baru tiga periode Tony Blair, kembalinya penghematan ekonomi dan kemudian pandemi COVID-19.

Pemerintah Partai Buruh dan Konservatif datang dan pergi, feminisme mengubah sikap terhadap perempuan, dan Inggris menjadi masyarakat yang jauh lebih kosmopolitan dan multi-etnis.

Elizabeth berada di atas takhta untuk sebagian besar masa Perang Dingin dari kematian pemimpin Soviet Josef Stalin. Selama masa pemerintahannya ada 14 Presiden Amerika Serikat, dari Harry S. Truman hingga Joe Biden, dan dia bertemu semua.

Pemungutan suara Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa pada tahun 2016 mengungkap perpecahan mendalam di masyarakat Inggris, sementara kaum nasionalis melanjutkan dorongan mereka untuk referendum baru tentang kemerdekaan Skotlandia yang berpotensi mengoyak Inggris Raya.

“Ketika kita mencari jawaban baru di zaman modern, saya lebih suka resep yang sudah dicoba dan diuji, seperti berbicara baik tentang satu sama lain dan menghormati sudut pandang yang berbeda; datang bersama untuk mencari kesamaan; dan tidak pernah melupakan gambaran yang lebih besar,” kata ratu menjelang referendum 2014 tentang pemisahan diri Skotlandia, dalam apa yang tampaknya menjadi pesan kepada para politisi. Orang Skotlandia memilih untuk tetap berada di Inggris.

Lebih Egaliter

Seiring waktu, Inggris berkembang menjadi masyarakat yang lebih egaliter, di mana kelas penguasa harus membuka jalan bagi kelas menengah yang sedang berkembang, di mana bangsawan tidak lagi mendominasi universitas-universitas top dan mayoritas rekan turun-temurun kehilangan kursi mereka di House of Lords parlemen.

Pada awalnya, Elizabeth sangat bergantung pada lingkaran penasihat lama ayahnya, tetapi secara bertahap dia membawa lebih banyak diplomat karir dan eksekutif bisnis ke istana ketika dia dan suaminya, Philip, berusaha untuk memodernisasi monarki.

"Dia cerdas, dia penyayang, dia memiliki banyak wawasan, dan dia memiliki kebajikan khas dan tradisional yang Anda kaitkan dengan Inggris," kata mantan Perdana Menteri, John Major, di tengah perayaan untuk menandai ulang tahunnya yang ke-90.

"Jika Anda merancang seseorang untuk menjadi raja di Inggris, saya pikir Anda akan merancang seseorang persis seperti Elizabeth II."

Pada tahun 1992, ratu menanggapi kritik tentang kekayaan kerajaan dengan menawarkan untuk membayar pajak penghasilan dan memotong jumlah anggota keluarganya dalam daftar gaji negara. Tetapi tahun-tahunnya di atas takhta sering kali jauh dari mulus.

Dia menghabiskan sebagian besar bagian awal pemerintahannya untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Kerajaan Inggris yang dikumpulkan di bawah leluhurnya, dari Kenya hingga Hong Kong. Barbados adalah negara terbaru yang memberhentikannya sebagai kepala negara pada November 2021. Namun, dia tetap menjadi monarchi dari 15 negara dan kepala Persemakmuran.

Pernikahannya dengan Philip, seorang pangeran Yunani yang dinikahinya pada usia 21, tetap kokoh selama 73 tahun sampai kematiannya pada April 2021, tetapi saudara perempuannya, putri dan dua putranya, sangat terbuka, tidak begitu beruntung dalam cinta.

Dia terkenal menggambarkan sebagai "annus horribilis" (tahun yang mengerikan) pada peringatan 40 tahun aksesi pada tahun 1992 setelah tiga dari empat pernikahan anaknya gagal dan ada kebakaran di kediaman Windsor Castle-nya.

Kematian Putri Diana

Kematian Putri Diana pada tahun 1997, istri yang diceraikan dari putra tertua Elizabeth, Charles, menimbulkan lebih banyak kerusakan pada prestise publik keluarga.

Itu adalah satu-satunya kesempatan selama masa pemerintahannya ketika ada saran serius bahwa hari-hari monarki dapat dihitung. Periode ini terkenal diabadikan dalam film pemenang Oscar 2006 "The Queen", ketika Elizabeth digambarkan bersungguh-sungguh tetapi disalahpahami.

Tetapi sementara anak-anaknya dan bangsawan lainnya kadang-kadang membuat kesalahan besar dalam berita utama tabloid dengan kesengsaraan perkawinan dan perselingkuhan publik, perilaku Elizabeth sendiri tetap tidak tercela.

"Bukannya dia tidak pernah salah, itu lebih positif dari itu, dia mengerti orang-orang Inggris," kata Profesor Vernon Bogdanor, seorang ahli dalam sejarah konstitusional Inggris. Kritik utama yang ditujukan padanya adalah bahwa dia terlalu serius, jauh dan menyendiri.

Para kritikus mengatakan satu-satunya saat dia menunjukkan emosi yang nyata di depan umum adalah ketika para bangsawan mengucapkan selamat tinggal dengan penuh air mata ke kapal pesiar megah mereka, Britannia, beberapa bulan setelah tanggapannya yang tenang terhadap kematian Diana.

Namun menurut orang-orang yang bekerja sama dengannya, secara pribadi dia bukanlah figur publik yang paling banyak dilihat, tetapi perseptif, lucu, dan sangat menyadari suasana hati bangsa.

Kurang Formalitas

Dalam 20 tahun terakhir, didukung oleh operasi media yang jauh lebih profesional dan canggih, masih ada kemegahan dan arak-arakan, tetapi tidak ada formalitas di sekitar ratu dan keluarganya.

Jutaan orang menghadiri perayaan untuk menandai tahun ke-50, 60 dan 70 di atas takhta, sementara peran utamanya dalam film James Bond palsu menjadi sorotan upacara pembukaan Olimpiade London 2012.

Dalam urutan pendek dia menyapa aktor Bond Daniel Craig di Istana Buckingham, mengucapkan hanya empat kata sebelum efek visual menunjukkan dia tampaknya bergabung dengannya di helikopter dan terjun payung ke stadion.

Satu dekade kemudian pada awal konser pop Platinum Jubilee, dia kembali memenangkan pujian besar untuk sketsa komik pra-rekaman dengan Paddington Bear, di mana dia memberi tahu karakter fiksi terkenal bahwa dia selalu menyimpan camilan favoritnya: sandwich selai jeruk, di tas tangannya yang selalu ada.

Sang ratu dikatakan suka bercanda dengan para pemimpin dunia, menikmati keakraban yang mudah dengan kepala pemerintahan Persemakmuran yang sudah lama menjabat, dan menikmati taruhan pada kuda pacuan. Balapan adalah gairah abadi.

Dia juga ditemani untuk sebagian besar masa pemerintahannya oleh anjing corgi-nya, yang mendapatkan reputasi untuk mematahkan tumit pengikut kerajaan dan merupakan keturunan dari anjing bernama Susan yang dia terima sebagai hadiah ulang tahun ke-18 dari orang tuanya.

“Apa yang sebenarnya kita ketahui tentang ratu sangat sedikit,” kata Matthew Dennison, penulis biografi Elizabeth. “Kami tahu dia menikmati balapan. Kita tahu dia suka corgis. Kita tahu bahwa dia lebih suka selimut dan seprai. Tapi di luar itu, kita hampir tidak tahu apa-apa tentang dia.”

Selama Perang Dunia Kedua, dia belajar menjadi pengemudi dan mekanik saat bertugas di Layanan Pembantu Teritorial.

Kecintaannya pada alam bebas dan hewan didokumentasikan dengan baik dan para komentator mengatakan dia terlihat lebih betah dengan tweed daripada tiara. "Saya agak iri beberapa jam yang harus saya lakukan daripada berada di luar ruangan," dia pernah berkata.

Istri Pangeran William, Kate, mengatakan bahwa di balik pintu tertutup, sang ratu menghindari kemegahan kerajaan. "Anda akan mengharapkan banyak kemegahan dan banyak keributan ... tetapi sebenarnya yang benar-benar beresonansi dengan saya adalah cintanya pada hal-hal sederhana, tidak adanya keributan, dan saya pikir itu adalah kualitas khusus untuk dimiliki," kata Kate dalam sebuah film dokumenter TV untuk menandai ulang tahun ke-90 Elizabeth.

Penobatan sebagai Ratu

Elizabeth menjadi ratu pada tahun 1952 dan dimahkotai pada tanggal 2 Juni 1953 dalam upacara yang disiarkan televisi di Westminster Abbey, menjadi ratu pertama dalam dirinya sendiri sejak Ratu Victoria dan raja ke-40 dalam garis kerajaan yang menelusuri asal-usulnya kembali ke William Sang Penakluk di tahun 1066.

"Mengerikan," katanya tentang perjalanan kereta yang membawanya dari Istana Buckingham ke Biara. "Itu hanya muncul di kulit, tidak terlalu nyaman."

Pada September 2015, ia menyalip Victoria untuk menjadi raja terlama yang pernah memerintah di negara itu, sebuah pencapaian yang menurutnya tidak pernah ia cita-citakan, dan tahun berikutnya ada lebih banyak perayaan untuk ulang tahunnya yang ke-90.

Dia naik takhta pada usia yang sama dengan Elizabeth I, tetapi sementara Elizabeth pertama melihat negaranya mencapai status negara perdagangan penting di abad ke-16, namanya memimpin Inggris tergelincir dari posisinya sebagai pemimpin dunia dalam industri dan teknologi.

Saat tempat Inggris bergeser, sang ratu datang untuk memperjuangkan persatuan, dan kemegahan di sekitar keluarganya, dengan kereta berlapis emas dan pernikahan kerajaan yang spektakuler, menjadi sumber kebanggaan nasional bagi banyak orang.

Pernikahan Pangeran William pada 2011 dengan rakyat biasa Kate Middleton, yang disaksikan lebih dari satu juta orang memadati jalan-jalan London dan menarik sekitar dua miliar pemirsa global, adalah buktinya.

Jajak pendapat menunjukkan negara itu sebagian besar masih percaya pada raja turun-temurun sebagai kepala negara.

Namun, dengan kematiannya, masa depan monarki akan menghadapi pengawasan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Beberapa komentator mengatakan publik Inggris tidak akan merasa kuat terhadap Charles, dan jajak pendapat menunjukkan bahwa dia jauh kurang populer.

Keputusan Pangeran Harry, adik laki-laki William, dan istrinya yang berkebangsaan Amerika Meghan, mantan aktris, untuk melepaskan peran kerajaan mereka juga telah merampok institusi dua tokoh global paling populer, sementara tuduhan rasisme mereka terhadap institusi tersebut tetap ada.

Gugatan perdata pelecehan seks terhadap putra kedua Pangeran Andrew, yang dia bayar untuk menyelesaikannya, juga telah merusak reputasi keluarga. Andrew tidak mengakui kesalahan dalam kasus ini. Dia tidak dituduh melakukan tindakan kriminal.

Kehidupan Keluarga dan Tugas Publik

Di sisinya hampir sepanjang masa pemerintahannya adalah suaminya, yang dia anggap sebagai "kekuatan dan sandarannya".

“Saya diberkati bahwa di Pangeran Philip saya memiliki pasangan yang bersedia menjalankan peran sebagai permaisuri dan tanpa pamrih membuat pengorbanan yang menyertainya,” katanya pada Februari 2022 ketika dia menandai 70 tahun takhta.

Pasangan itu memiliki empat anak: Charles lahir pada tahun 1948, Anne pada tahun 1950, Andrew pada tahun 1960 dan Edward pada tahun 1964. Dia memiliki delapan cucu dan 12 cicit.

Selama sebagian besar masa pemerintahannya, dia sering dikalahkan oleh tiga perempuan flamboyant: ibunya yang populer, Elizabeth Ibu Suri, adik perempuannya Margaret dan kemudian Putri Diana.

Tetapi kesedihan pribadi karena kehilangan ibu dan saudara perempuannya, yang meninggal dalam beberapa pekan satu sama lain di tahun Yubileum Emasnya tahun 2002, membantu ratu membangun posisinya sendiri, meninggalkannya sebagai figur matriarkal bangsa yang tak terbantahkan.

Kehidupan kerjanya mencakup ribuan pertemuan resmi, mulai dari perjalanan ke sekolah dan rumah sakit, hingga upacara akbar kunjungan kenegaraan dan acara-acara nasional.

Dia terkenal karena mengenakan pakaian berwarna cerah dengan topi yang serasi pada perkunjungan kerajaan, untuk memastikan dia menonjol dari keramaian di banyak "jalan-jalan". "Saya harus dilihat agar bisa dipercaya," katanya menyindir.

Dia juga menjalankan tugas keagamaannya sebagai Gubernur Tertinggi Gereja Inggris dengan sangat serius, dengan mengatakan pada tahun 2012 Gereja yang didirikan “umumnya kurang dihargai”.

Dia melakukan perjalanan lebih jauh dari raja sebelumnya, melakukan lebih dari 250 kunjungan ke luar negeri ke lebih dari 100 negara. Dia terkenal karena staminanya dan mulai mengurangi jadwal tur luar negeri yang tadinya padat hanya saat dia memasuki usia 80-an.

Bahkan di usia 90-an dia secara teratur melakukan perjalanan. Pada salah satu acara pada usia 93 tahun, dia mengatakan kepada pejabat bahwa dia masih mampu menanam pohon sebelum menyekop tanah ke dalam lubang, dan itu dua tahun setelah itu sebelum dia perlu menggunakan tongkat jalan di depan umum.

Ketika dia dirawat di rumah sakit pada Maret 2013 dengan gejala gastroenteritis, itu adalah pertama kalinya dia membutuhkan perawatan di rumah sakit dalam satu dekade. Baru pada Oktober 2021 dia selanjutnya menghabiskan malam di rumah sakit, dan dia dengan tabah melanjutkan tugas-tugas ringan bahkan setelah dites positif COVID-19 pada Februari tahun berikutnya.

Kepentingannya yang bertahan lama ditunjukkan pada awal pandemi pada tahun 2020. Dengan negara yang cemas di bawah penguncian yang ketat, pemerintah beralih ke ratu untuk memberikan jaminan dalam siaran televisi. Biasanya dia memberikan pidato seperti itu hanya dalam siaran Natal tahunannya.

Sang ratu memiliki beberapa ketakutan keamanan yang menonjol. Pada tahun 1981, seorang pemuda Inggris melepaskan tembakan kosong di dekatnya selama upacara militer Trooping the Color. Kudanya terkejut tapi dia tidak terluka.

Pada tahun yang sama, seorang remaja yang “sangat terganggu” mencoba membunuh ratu ketika dia sedang berkunjung ke Selandia Baru tetapi dia gagal dengan tembakan senapannya.

Pada Juli 1982, seorang pekerja pengangguran bernama Michael Fagan masuk ke kamar tidur Istana Buckingham miliknya. Dia berbicara singkat kepada Elizabeth, yang mengenakan pakaian tidurnya, sebelum diseret oleh penjaga keamanan.

Masa Depan

"Ada yang mengatakan bahwa 'seni kemajuan adalah menjaga ketertiban di tengah perubahan dan perubahan di tengah ketertiban', dan dalam hal ini sang ratu tidak ada bandingannya," kata Perdana Menteri saat itu, David Cameron, dalam pidatonya di parlemen pada 2012. “Dia tidak pernah menutup pintu di masa depan; sebaliknya, dia telah memimpin jalan melaluinya.”

Keluarga ratu dan elite politik Inggris memuji kemampuannya beradaptasi tanpa kehilangan martabat perannya. Keberhasilan monarki di masa depan dapat bergantung pada seberapa banyak orang Inggris mengagumi orang berikutnya di atas takhta.

"Monarki hanya sebaik orang yang melakukan pekerjaan itu," kata penulis biografi kerajaan, Robert Lacey, yang merupakan konsultan sejarah untuk drama Netflix "The Crown".

“Kami pada dasarnya, ketika Anda melihat struktur dan cara negara ini berjalan, sebuah republik dengan perhiasan mulia yang kita semua nikmati di atasnya. Dan kita selalu bisa melepaskan perhiasan itu kapan pun kita mau.”

Elizabeth sendiri menetapkan tujuan hidupnya sejak usia dini. “Saya menyatakan di hadapan Anda semua,” katanya dalam siaran ulang tahun ke-21, “bahwa seluruh hidup saya, apakah itu panjang atau pendek, akan dikhususkan untuk layanan Anda dan layanan keluarga kerajaan kami yang agung.” (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home