Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 18:51 WIB | Selasa, 19 September 2023

Ohio, AS, Yang Bangga Dengan Sejarah Penerbangan, Mulai Proyek Taksi Udara

Ohio, AS, Yang Bangga Dengan Sejarah Penerbangan, Mulai Proyek Taksi Udara
Prototipe mobil terbang dalam uji coba di Marina, Califoornia, AS. Negara bagian Ohio memulai propyek taksi udara menggunakan mobil terbang bertenaga listrik. (Foto-foto: Eric Adams/Joby Aviation via AP)
Ohio, AS, Yang Bangga Dengan Sejarah Penerbangan, Mulai Proyek Taksi Udara

OHIO, SATUHARAPAN.COM-Lembah sungai Ohio yang sama tempat Wright bersaudara memelopori penerbangan manusia akan segera memproduksi pesawat listrik mutakhir yang lepas landas dan mendarat secara vertikal, berdasarkan perjanjian yang diumumkan hari Senin (18/9) antara negara bagian dan Joby Aviation Inc.

“Ketika Anda berbicara tentang taksi udara, itulah masa depan,” kata Gubernur dari Partai Republik, Mike DeWine, kepada The Associated Press. “Kami menganggap hal ini sangat, sangat menarik, tidak hanya untuk lapangan kerja langsung dan lapangan kerja tidak langsung yang akan tercipta, namun seperti Intel, ini adalah sinyal bagi masyarakat bahwa Ohio sedang menatap masa depan. Ini adalah masalah besar bagi kami.”

Di seluruh dunia, pesawat listrik yang lepas landas dan mendarat vertikal, atau pesawat eVTOL mulai menjadi hal yang umum, meskipun masih ada pertanyaan mengenai tingkat kebisingan dan kebutuhan pengisian daya. Namun, para pengembang mengatakan bahwa pesawat-pesawat tersebut sudah mendekati saatnya mereka akan memberikan alternatif berskala luas untuk mengangkut orang-orang atau kelompok-kelompok kecil dari atap rumah dan garasi parkir ke tempat tujuan mereka, sambil menghindari jalan raya yang padat di bawahnya.

Keputusan Joby untuk menempatkan fasilitas manufaktur skala besar pertamanya di lokasi seluas 140 acre (57 hektare) di Bandara Internasional Dayton merupakan hasil dari dua dekade kerja sama yang dilakukan oleh para pemimpin negara bagian tersebut, kata Letnan Gubernur Partai Republik, Jon Husted. Yang penting, lokasi tersebut dekat Pangkalan Angkatan Udara Wright-Patterson dan markas besar Laboratorium Penelitian Angkatan Udara AS.

“Selama seratus tahun, kawasan Dayton telah menjadi pemimpin dalam inovasi penerbangan,” kata Husted. “Tetapi menangkap produsen pesawat terbang berskala besar selalu menghindari perekonomian lokal di sana. Dengan pengumuman ini, aspirasi tersebut telah terwujud.”

Wright bersaudara, Orville dan Wilbur, tinggal dan bekerja di Dayton. Pada tahun 1910, mereka membuka pabrik pesawat AS pertama di sana. Untuk menghubungkan titik-titik sejarah, pengumuman resmi Joby pada hari Senin berlangsung di rumah Orville Wright, Hawthorn Hill, dan diakhiri dengan seremonial flypast replika Wright Model B Flyer.

Pesawat produksi Joby dirancang untuk mengangkut seorang pilot dan empat penumpang dengan kecepatan hingga 200 mil (321,87 kilometer) per jam, dengan jangkauan maksimum 100 mil (160,93 kilometer). Profil kebisingannya yang tenang hampir tidak terdengar di sebagian besar kota, kata perusahaan itu. Rencananya adalah menempatkan mereka di jaringan transportasi udara mulai tahun 2025.

Upaya perusahaan yang berbasis di Santa Cruz, California ini didukung oleh kemitraan dengan Toyota, Delta Airlines, Intel dan Uber. Joby adalah perusahaan berusia 14 tahun yang go public pada tahun 2021 dan menjadi perusahaan eVTOL pertama yang menerima sertifikasi kelaikan udara Angkatan Udara AS.

Proyek senilai US$500 juta ini didukung oleh insentif hingga US$325 juta dari negara bagian Ohio, kantor pengembangan ekonomi JobsOhio, dan pemerintah daerahnya. Dengan dana tersebut, Joby berencana membangun fasilitas di Ohio yang mampu mengirimkan hingga 500 pesawat per tahun dan menciptakan 2.000 lapangan kerja. Departemen Energi AS telah mengundang Joby untuk mengajukan pinjaman guna mendukung pengembangan fasilitas tersebut sebagai proyek energi ramah lingkungan.

CEO Joby, JoeBen Bevirt, mengatakan kepada AP bahwa perusahaan memilih Ohio setelah pencarian yang ekstensif dan kompetitif. Paket keuangannya memang bukan yang terbesar, namun peluang untuk membawa operasi ini ke tempat kelahiran penerbangan, dengan tenaga kerja yang berpengalaman di bidangnya, memastikan kesepakatan tersebut, katanya.

“Ohio adalah negara bagian No. 1 dalam hal penyediaan suku cadang untuk Boeing dan Airbus,” kata Bevirt. “Ohio adalah negara nomor tiga dalam bidang pekerjaan manufaktur, dan kedalaman keterampilan manufaktur, yaitu tenaga kerja, sangat penting bagi kami saat kami berupaya membangun fasilitas manufaktur ini.

Presiden dan CEO JobsOhio, JP Nauseef, mencatat bahwa dedikasinya terhadap penerbangan telah terlaksana di wilayah Dayton melalui tantangan ekonomi yang serius. Hal ini termasuk hilangnya puluhan ribu pekerjaan di bidang manufaktur mobil dan suku cadang pada awal tahun 2000-an dan hilangnya kantor pusat pembuat ATM, NCR Corp di pinggiran kota Atlanta pada tahun 2009.

“Ini menggabungkan warisan dan inovasi dalam penerbangan dengan proses manufaktur kami,” kata Nauseef. “Mereka benar-benar mengawinkan keduanya, dan itu belum pernah menikah bersama sebelumnya, tidak di kota ini. Untuk komunitas sebesar Dayton dan Springfield, (yang masyarakatnya) sangat bangga, (dan) telah mengalami dekade-dekade yang sangat sulit, ini adalah proyek yang luar biasa.”

Bevirt mengatakan operasi dan perekrutan akan segera dimulai dari gedung-gedung yang ada di dekat lokasi pengembangan, bergantung pada penyelesaian hambatan hukum dan peraturan standar. Situs ini cukup besar untuk menampung ruang produksi seluas dua juta kaki persegi (610.000 meter persegi).

Pembangunan fasilitas manufaktur diharapkan dimulai pada tahun 2024, dan produksi akan dimulai pada tahun 2025.

Toyota, investor jangka panjang, bekerja sama dengan Joby pada tahun 2019 untuk merancang dan meluncurkan jalur produksi percontohan dengan sukses di Marina, California. Produsen mobil tersebut akan terus memberikan saran kepada Joby saat mereka mempersiapkan produksi skala besar taksi udara penumpang komersialnya, kata perusahaan itu.

Pengumuman ini muncul ketika kelompok bipartisan perwakilan kongres Ohio baru-baru ini meningkatkan upaya, menyusul seruan DeWine sebelumnya, untuk memikat markas Komando Luar Angkasa AS yang baru atau unit Angkatan Luar Angkasa ke Ohio. Di sana juga, para pemimpin negara bagian mengutip warisan kedirgantaraan Wrights, serta astronot kelahiran Ohio, John Glenn dan Neil Armstrong. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home