Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 08:04 WIB | Kamis, 02 Maret 2023

Operasi Pasukan Taliban, Dua Anggota ISIS Tewas di Kabul

Seorang pejuang Taliban memeriksa rumah kelompok Negara Islam (ISIS) yang hancur dalam konflik yang sedang berlangsung antara keduanya di Kabul, Afghanistan, Selasa, 14 Februari 2023. Dua anggota senior kelompok Negara Islam (ISIS) regional telah terbunuh di Afghanistan baru-baru ini dalam operasi terpisah oleh pasukan keamanan Taliban, kata seorang juru bicara Taliban Selasa. (Foto: dok. AP/Ebrahim Noroozi)

KABUL, SATUHARAPAN.COM - Dua anggota senior regional dari kelompok Negara Islam (ISIS) telah tewas di Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir dalam operasi terpisah oleh pasukan keamanan Taliban, kata seorang juru bicara Taliban, hari Selasa (28/2).

Pasukan Taliban membunuh Qari Fateh, kepala intelijen dan operasi regional ISIS, dalam serangan di Kabul pada akhir pekan, Zabihullah Mujahid, juru bicara utama pemerintah Taliban, mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Outlet berita yang bersekutu dengan kelompok Negara Islam (ISIS) pada hari Selasa memposting konfirmasi kematian Fateh pada obrolan Telegram yang dikelola ISIS.

Awal bulan ini dalam operasi terpisah di Kabul, tiga anggota ISIS, termasuk pemimpin senior ISIS Ijaz Amin Ahingar, tewas.

Mujahid mengatakan sejumlah anggota ISIS lainnya, termasuk warga negara asing yang merencanakan serangan mematikan, juga telah ditahan dalam beberapa hari terakhir.

Afiliasi regional kelompok Negara Islam – dikenal sebagai Negara Islam di Provinsi Khorasan – adalah saingan utama Taliban. Kelompok militan telah meningkatkan serangannya di Afghanistan sejak Taliban mengambil alih negara itu pada Agustus 2021. Targetnya termasuk patroli Taliban dan anggota minoritas Syiah Afghanistan.

Pada bulan Januari, delapan militan ISIS tewas dan sembilan lainnya ditangkap dalam serangkaian penggrebegan yang menargetkan tokoh-tokoh kunci.

Penggrebegan di ibu kota dan Provinsi Nimroz barat menargetkan militan ISIS yang mengorganisir serangan di Hotel Longan Kabul, kedutaan Pakistan, dan bandara militer.

Kelompok Negara Islam mengaku bertanggung jawab atas pemboman mematikan di dekat pos pemeriksaan di bandara militer ibu kota Afghanistan. ISIS mengatakan bahwa serangan itu dilakukan oleh militan yang sama yang mengambil bagian dalam serangan Hotel Longan pada pertengahan Desember.

ISIS mengklaim serangan di sebuah hotel milik China di jantung Kabul, menyebabkan China menyarankan warganya untuk meninggalkan Afghanistan "sesegera mungkin." (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home