Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:33 WIB | Jumat, 26 Maret 2021

Oposisi Iran Lancarkan Kampanye Online: "No to the Islamic Republic”

Salah satu postingan di Twitter yang mengkapanyekan diakhirinya rezin Iran. (Foto: Twitter)

TEHERAN, SATUHARAPAN.COM-Kampanye online yang diluncurkan oleh para pembangkang Iran yang menyerukan penggulingan rezim di Teheran telah mendapatkan perhatian dalam beberapa hari terakhir, dengan orang-orang Iran masuk dan keluar negara itu menyuarakan penentangan mereka terhadap rezim ulama.

Kampanye, bernama “No to the Islamic Republic” (Tidak untuk Republik Islam) diluncurkan awal bulan ini oleh lebih dari 600 orang anti rezim Iran di dalam dan luar negeri, termasuk aktivis politik, artis, atlet, dan akademisi.

Kampanye tersebut menuntut diakhirnya rezim ulama, yang menurut para pegiat adalah "hambatan utama untuk mencapai kebebasan, kemakmuran dan demokrasi" di Iran.

Beberapa pengguna media sosial di Iran telah menyatakan dukungan untuk kampanye tersebut dengan memposting foto dengan kata-kata "tidak untuk Republik Islam" yang tertulis di atas kertas atau ditulis dengan tangan mereka.

Pendukung kampanye di Iran termasuk kerabat orang Iran yang dibunuh oleh rezim, menurut laporan Al Arabiya.

Dalam sebuah video yang dibagikan secara online, beberapa ibu yang putranya dibunuh oleh pasukan keamanan bergabung dalam kampanye dan juga mengumumkan boikot terhadap pemilihan presiden Iran pada bulan Juni mendatang.

Oposisi Iran biasanya mendesak Iran untuk memboikot pemilu, dengan alasan bahwa pemilu tidak membawa perubahan dan hanya berfungsi untuk melegitimasi rezim. Keyakinan ini sebagian disebabkan oleh proses pemeriksaan terhadap kandidat anggota parlemen, di mana hanya kandidat yang disetujui oleh rezim yang dapat mencalonkan diri dalam pemilihan.

Manouchehr Bakhtiari, yang telah menjadi kritikus blak-blakan rezim di Iran sejak putranya Pouya tewas dalam protes anti pemerintah pada bulan November 2019. Dia juga menyatakan dukungannya untuk kampanye tersebut dalam sebuah video yang dibagikan di Instagram.

Para pengunjuk rasa berhadapan dengan aparat keamanan di debatn Universitas Amirkabir di Teheran, Iran, pada 13 Januari 2020. (Foto: dok. AP)

 

Bakhtiari mendesak semua warga Iran untuk bergabung dalam kampanye dalam video tersebut.

Tujuan utama dari kampanye, yang mungkin tidak akan berdampak langsung pada rezim di Teheran, tampaknya membangun kesamaan antara orang-orang Iran yang menentang rezim ulama.

Mantan putra mahkota Iran, Reza Pahlavi, tokoh oposisi utama, menyuarakan dukungannya untuk kampanye tersebut, dan men-tweet: "Saya juga telah bergabung dan mendukung kampanye # No2IR yang dimulai oleh aktivis di Iran."

Kampanye tersebut "melampaui partai politik atau afiliasi mana pun," tulis Pahlavi, menambahkan bahwa "kita dapat mengubahnya menjadi gerakan nasional yang inklusif."

Pada hari Rabu, ratu terakhir Iran, Farah Pahlavi, bergabung dalam kampanye tersebut dengan men-tweet foto dirinya memegang tanda yang bertuliskan "tidak untuk Republik Islam."

Musisi terkenal Iran yang diasingkan, termasuk Dariush Eghbali, Faramarz Aslani, dan Ebi, termasuk di antara tokoh-tokoh non politik yang mendukung kampanye tersebut. (Al Arabiya)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home