Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 06:54 WIB | Minggu, 23 Agustus 2020

Oposisi Rusia Dirawat di Jerman, Setelah Sakit Diduga Diracun

Alexei Navalny ketika berbicara di ruang pengadilan di Moskow, Rusia, pada 27 Agustus 2018. (Foto: dok. AP)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM-Kritikus pemerintah Rusia yang sakit parah, Alexei Navalny, dievakuasi ke Jerman untuk perawatan medis pada hari Sabtu (22/8). Dia diterbangkan dari kota Omsk di Siberia dengan pesawat ambulance dan dibawa ke rumah sakit di Berlin.

Penentang lama Presiden Vladimir Putin dan juru kampanye melawan korupsi itu pingsan di pesawat pada hari Kamis (20/8)  setelah minum teh yang diyakini sekutunya mengandung racun.

Ambulance udara mendarat pada hari Sabtu pagi di bandar udara Tegel, Berlin, dan Navalny, 44 tahun, dilarikan dengan konvoi ambulance dan mobil polisi ke kompleks rumah sakit Charite di kota itu.

Pihak rumah sakit tidak memberikan rincian tentang kondisinya tetapi mengatakan dalam sebuah pernyataan akan memberikan informasi terbaru tentang hal ini, dan perawatan lebih lanjut setelah tes selesai dan setelah berkonsultasi dengan keluarganya. Dan menambahkan ini bisa memakan waktu lama.

Kondisi Stabil

Staf medis di rumah sakit Omsk mengatakan pada hari Jumat (21/8) malam, sebelum Navalny diterbangkan, bahwa dia dalam keadaan koma dan nyawanya tidak dalam bahaya.

Dokter Jerman terbang ke Omsk pada hari Jumat untuk mengevakuasi Navalny atas permintaan istri dan sekutunya yang mengatakan bahwa rumah sakit yang merawatnya dilengkapi peralatan yang buruk. Tetapi kemudian ada penundaan menerbangkannya karena rumah sakit awalnya mengatakan dia tidak dalam kondisi fit untuk bepergian.

"Penerbangan yang membawa Alexei Navalny telah tiba di Berlin... Dia dalam kondisi stabil," kata Cinema for Peace Foundation, yang mengirimkan ambulance udara, dalam sebuah pernyataan.

Pendiri organisasi tersebut, aktivis dan pembuat film kelahiran Slovenia, Jaka Bizilj, juga dikutip oleh Bild mengatakan kondisinya stabil selama penerbangan dan setelah mendarat.

Kira Yarmysh, juru bicara Navalny, mengatakan di Twitter bahwa "Ini adalah bukti lain bahwa tidak ada yang mencegah pengangkutan Navalny, dan perlu dilakukan sedini mungkin."

Banding dari Istri

Dua tahun lalu, Pyotr Verzilov, aktivis anti Kremlin lainnya dan anggota dari kolektif seni Pussy Riot, dirawat di rumah sakit Charite setelah diracun di Moskow.

Cinema for Peace mengatakan keluarga Navalny akan mengeluarkan pernyataan dalam beberapa hari mendatang setelah mengetahui lebih banyak tentang kondisinya. Yarmysh, juru bicara Navalny, mengatakan istri politisi oposisi Yulia berada di dalam penerbangan evakuasi.

Dokter Omsk mengatakan pada hari Sabtu bahwa mereka siap untuk membagikan semua informasi yang mereka miliki dengan rumah sakit di Jerman. Sekutu Navalny mengatakan mereka khawatir pihak berwenang di Rusia mungkin mencoba menutupi petunjuk tentang bagaimana dia jatuh sakit.

Navalny telah menjadi duri di pihak Kremlin selama lebih dari satu dekade, mengungkap apa yang dia katakan sebagai korupsi tingkat tinggi dan memobilisasi kerumunan pengunjuk rasa muda.

Staf medis di rumah sakit Omsk pada awalnya mengatakan pada hari Jumat bahwa kondisi Navalny sedikit membaik dalam semalam, tetapi dia berada dalam keadaan yang tidak stabil untuk diterbangkan dengan aman ke luar negeri. Mereka kemudian mengatakan bahwa mereka tidak keberatan setelah dokter Jerman menganggapnya layak untuk bepergian.

Istri Navalny mengirim surat ke Kremlin yang secara langsung memintanya untuk campur tangan dan memberikan izin kepadanya untuk diizinkan terbang keluar.

Navalny telah berulang kali ditahan karena mengatur pertemuan publik dan unjuk rasa dan dituntut atas penyelidikannya terhadap korupsi. Dia dilarang mencalonkan diri dalam pemilihan presiden pada 2018. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home