Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 08:24 WIB | Senin, 20 Januari 2014

Oposisi Suriah Tolak Hadir Jika PBB Undang Iran di Jenewa 2

Delegasi oposisi Suriah. (Foto: dari voiceofrussia.com)
SURIAH, SAYUHARAPAN.COM - Pihak oposisi Suriah mengatakan pada hari Senin (20/1) akan menarik kehadirannya pada pembicaraan perdamaian internasional Jenewa 2 yang dijadwalkan minggu ini kecuali Sekjen PBB Kepala Ban Ki-moon membatalkan undangan untuk Iran, pendukung utama Presiden Suriah Bashar al-Assad. 
 
"Koalisi Suriah mengumumkan bahwa mereka akan menarik kehadiran mereka di Jenewa 2 kecuali Ban Ki-moon menarik kembali undangan untuk Iran," kata posting Twitter, mengutip juru bicara Koalisi Nasional Suriah, Louay Safi.
 
Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki-moon mengatakan pada hari Minggu (19/1), bahwa dia telah mengundang Iran untuk berpartisipasi dalam pembicaraan damai Suriah atau pembicaraan Jenewa 2 pada 22 Januari mendatang di Montreux, Swiss.
 
Sebelumnya Teheran berjanji akan memainkan "peran positif dan konstruktif" jika diminta untuk berpartisipasi dalam pembicaraan damai tersebut. 
 
Pembicaraan damai  untuk Suriah atau Jenewa 2 akan dihadiri oleh para menteri luar negeri dari sekitar 30 negara, Sekretaris Jenderal PBB, Kepala Liga Arab dan Organisasi Kerjasama Islam, dan oleh delegasi dari pemerintah Suriah dan kelompok oposisi.
 

Lebih dari 100.000 orang telah meninggal dan lebih dari dua juta orang meninggalkan Suriah selama hampir tiga tahun. (VoR)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home