Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 10:07 WIB | Senin, 28 September 2015

Organisasi Muslim Nigeria Tuduh Saudi Lakukan Kelalaian Kriminal

Jemaah Nigeria dalam Tragedi Mina 24 September 2015 (Foto: premiumtimesng.com)

ABUJA, SATUHARAPAN.COM - Organisasi Muslim Nigeria, The Muslim Rights Concern (MURIC), menyalahkan pemerintah Arab Saudi atas terjadinya tragedi Mina yang menewaskan lebih dari 700 jemaah haji pada hari Kamis (24/9).

Belasan jemaah haji Nigeria dipastikan meninggal sementara masih ada kemungkinan bertambah lagi.

Dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu (26/9), MURIC yang pejabatnya berada di Mina saat kejadian, mengatakan kegagalan perencanaan yang memadai untuk even ini merupakan "kelalaian kriminal" dan "pemerintah Saudi harus bertanggung jawab."

Kelompok ini, dalam pernyataan yang ditanda tangani direkturnya, Ishaq Akintola, mendesak pemerintah Nigeria untuk mendukung NAHCON (lembaga haji Nigeria) memperjuangkan sikap ini.

"Nigeria harus menuntut kompensasi dari Saudi untuk keluarga yang berduka. Kita juga harus mendesak Saudi untuk melibatkan dunia Muslim dalam perencanaan dan pelaksanaan latihan haji tahunan mengingat sikap puas diri pemerintah Saudi, " demikian pernyataan yang dilansir oleh premiumtimesng.com, (27/9).

Selain Nigeria, Iran juga telah menyalahkan pemerintah Saudi atas tragedi yang telah menyebabkan 130 warga Iran meninggal dunia.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home