Loading...
BUDAYA
Penulis: Sotyati 12:07 WIB | Kamis, 21 Januari 2016

Oscar 2016: Isu Rasial, Chris Rock Ditekan Mundur sebagai Host

Chris Rock. (Foto: cnn.com)

HOLLYWOOD, SATUHARAPAN.COM – Aktor dan komedian stand-up ternama, Chris Rock, mendapat tekanan untuk mundur sebagai pemandu malam penyerahan penghargaan Oscar pada 28 Februari mendatang.

Rock menjadi host pesta akbar penyerahan penghargaan tertinggi bagi pelaku industri perfilman di Amerika itu pertama kali pada tahun 2005. Namun, seiring mencuatnya kehebohan #OscarsStillSoWhite, bermunculan seruan bagi Rock yang berkulit hitam itu untuk mundur sama sekali dari ajang itu, daripada mencoba untuk memulai upaya perubahan dari dalam.

Dan, seruan itu gencar belakangan ini seiring meningkatnya pula rencana boikot upacara penghargaan pasca pengumuman nominasi yang kontroversial pekan lalu. Boikot itu terkait tidak adanya aktor minoritas kulit hitam ataupun etnis lain dalam 20 nominasi kategori akting.

#OscarsSoWhite dan #OscarsStillSoWhite terus bergaung, menjadi isu heboh di media sosial sejak pengumuman akting utama dan kategori sutradara seminggu yang lalu. Belakangan ini, sejumlah selebriti, termasuk bintang Furious 7, Tyrese Gibson, meminta Chris Rock mundur sebagai pemandu.

Gibson mengatakan kepada Majalah People, respons yang paling tepat untuk Rock adalah memboikot sama sekali pesta tahunan itu, daripada mengatasi masalah dengan memanfaatkan keterampilan komedi stand-up-nya yang terkenal. "Pernyataan yang Anda buat? Mundur saja," kata Gibson, seperti dikutip contactmusic.com, "Itulah yang harus Anda lakukan."

Rapper 50 Cent juga mengunggah gambar Rock di Instagram-nya dengan keterangan gambar mendesaknya untuk melakukan hal yang sama. "Chris, jangan lakukan. Apa yang Anda lakukan berarti bagi kami. Please," tulisnya.

Sutradara kulit hitam Spike Lee dan aktris Jada Pinkett Smith juga telah mengumumkan tidak akan menghadiri Oscar sebagai protes atas ketiadaan calon aktor-aktris berkulit hitam di daftar calon penerima hadiah, meskipun film-film mereka diterima dengan baik, seperti Creed, Concussion, Straight Outta Compton, dan Beasts of No Nation. Concussion dibintangi Will Smith, dan Beasts of No Nation dibintangi Idris Elba.

Namun, Lee mengatakan tetap mendukung Rock, apa pun keputusannya dalam menghadapi tekanan untuk mundur sebagai host. "Dia akan melakukan apa yang ingin ia lakukan, dan aku akan mendukungnya," katanya dalam “Good Morning America”.

Whoopi Goldberg, aktris kulit hitam peraih Oscar, berpendapat sebaliknya. Orang boleh memboikot film yang memiliki masalah dengan isu itu, tetapi bukan memboikot upacara itu. "Chris Rock adalah host dari Academy Awards. Memboikotnya, tidak akan memperbaiki masalah," ujarnya pada The View. "Kami setiap tahun mempercakapkan, dan itu hanya membuatku kesal."

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home