Loading...
INDONESIA
Penulis: Reporter Satuharapan 20:04 WIB | Selasa, 09 September 2014

PAHAM: Perkawinan Beda Agama Melanggar Konstitusi Negara

PAHAM : perkawinan beda agama disebut melanggar konstitusi negara : (Foto: dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (PAHAM) menilai bahwa perkawinan  beda agama di Indonesia melanggar Konstitusi Negara.

“Perkawinan bisa dikatakan sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaan,” kata Direktur Pusat Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia Jakarta, Ryan Muthiara Wasti di Jakarta, Selasa (9/9).

Dia mengatakan, Indonesia negara yang berlandaskan Pancasila dan Sila Pertama menyebutkan “Ketuhanan Yang Maha Esa”. 

“Dengan pemahaman Sila Pertama itu diyakini bahwa Indonesia tidak akan terlepas dari sebuah pemahamam dasar atas religiusitas,” katanya.

Ia juga mengatakan, legalisasi nikah beda agama adalah suatu hal yang tidak sesuai dan bertentangan dengan nilai-nilai dasar kehidupan masyarakat Indonesia.

"Legalisasi pernikahan beda agama adalah sesat dan bisa mengaburkan nilai-nilai yang termaksud di dalam Pancasila sebagai dasar negara," tutur Ryan yang juga staf pengajar di salah satu Fakultas Hukum di Jakarta.

Ryan mengatakan, keberadaan agama tidak bisa dipisahkan dari kehidupan berbangsa dan bernegara dan sebuah negara berlandaskan pada sebuah ideologi sehingga tidak terlepas dari sebuah pemahaman yang religius.

Saat ini di Mahkamah Konstitusi sedang melakukan pengujian uji materi terhadap pasal 2 ayat (1) UU No 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan yang menyebutkan bawa perkawinan adalah sah apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agama dan kepercayaannya itu. (Ant)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home