Loading...
EKONOMI
Penulis: Martahan Lumban Gaol 19:24 WIB | Senin, 28 Maret 2016

Paket Kebijakan Ekonomi XI Keluar Besok

Truk kontainer saat melintas di salah satu terminal pelabuhan Tanjung Priok yang merupakan salah satu pelabuhan terbesar di Indonesia sebagai pintu masuk dan keluar barang dari dan ke berbagai pulau dan negara. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Pemerintah akan mengeluarkan Paket Kebijakan Ekonomi jilid XI, hari Selasa (29/3) besok. Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution, menyampaikan paket tersebut akan menghadirkan lima kebijakan baru, salah satunya terkait masalah dwelling time  atau waktu bongkar muat peti kemas.

“Besok adalah pengumuman Paket Kebijakan Ekonomi XI. Ada lima kebijakan, misalnya mengatur dwelling time,” kata Darmin kepada sejumlah wartawan di Kompleks Istana Presiden, Jakarta Pusat, hari Senin (28/3).

Dia menjelaskan, kebijakan soal dwelling time yang akan dibuat pemerintah di dalam Paket Kebijakan Ekonomi XI hanya yang berkaitan dengan masalah prosedur, bukan pelabuhan. Menurutnya, proses tersebut antara lain menyangkut pengaturan arus keluar masuk barang.

"Selama ini ada penetapan jalur prioritas atau jalur hijau dan jalur lambat atau jalur merah, itu akan diatur kembali," kata Darmin.

Menurut dia, penetapan jalur hijau atau merah bukan hanya menjadi kewenangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan, namun juga beberapa kementerian atau lembaga lain.

Saat ditanya lebih lanjut terkait kebijakan yang akan dikeluarkan Pemerintah dalam Paket Kebijakan Ekonomi jilid XI, Darmin menolak menolak menjelaskan.  Dia mengatakan akan menjelaskan seluruhnya di Kantor Presiden, hari Selasa (29/3) besok.

"Besok akan kita umumkan di sini," kata Darmin Nasution.

Darmin pun menyampaikan, Presiden Joko Widodo menyambut positif isi Paket Kebijakan Ekonomi XI itu.

Pemerintah sejak September 2015 lalu secara konsisten terus menggulirkan Paket Kebijakan Ekonomi I hingga X. Paket deregulasi itu diluncurkan untuk memudahkan dunia usaha menjalankan roda bisnisnya di Indonesia‎.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home