Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 00:00 WIB | Jumat, 07 Februari 2014

Pakistan dan Taliban Mulai Beruding

Kelompok Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP). (Foto; dari alarabiya.net)

ISLAMABAD, SATUHARAPAN.COM – Negosiator untuk pemerintah Pakistan dan Taliban bertemu pada hari Kamis (6/2) untuk  perundingan damai pada putaran pertama. Tujuan pertemuan untuk mengakhiri tujuh tahun pemberontakan berdarah yang dilakukan militan, kata beberapa sumber.

Kedua pihak bertemu di Islamabad untuk pertemuan pertama yang tampaknya akan memetakan “kerangka acuan” untuk pembahasan selanjutnya. Pertemuan dilakukan di tengah berkembangnya keraguan mengenai apakah dialog tersebut dapat menghasilkan kesepakatan damai yang abadi atau tidak.

Tehreek-e-Taliban Pakistan (TTP), kelompok yang memayungi sejumlah besar faksi militan, melakukan aksi berdarah sejak 2007, menewaskan ribuan orang dalam serangan bersenjata dan pengeboman di negara bersenjata nuklir tersebut.

Seorang pejabat yang dekat dengan Irfan Siddiqui, kepala negosiator pemerintah, mengatakan kepada AFP bahwa pembicaraan tersebut sudah dimulai pada Kamis sore.

Pejabat lain di tempat pembicaraan tersebut, Khyber Pakhtunkhwa House, menegaskan bahwa perundingan telah dimulai. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home