Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 16:05 WIB | Jumat, 15 Januari 2016

Palang Merah Rencanakan Lebih Banyak Kirim Bantuan ke Suriah

Membawa bantuan penting untuk penduduk di wilayah pengepungan. (Foto: icrc.org)

NEW YORK, SATUHARAPAN.COM - Seorang pejabat senior International Committee of the Red Cross atau Komite Palang Marah Internasional (ICRC), Kamis (14/1) mengatakan, ada kesempatan untuk menghentikan pengepungan kota-kota Suriah dan mengirimkan bantuan kepada warga sipil di tengah bencana kelaparan dalam perang yang terjadi selama hampir lima tahun.

ICRC bernegosiasi dengan Pemerintah Suriah, beberapa kelompok bersenjata, dan negara regional selama hampir empat bulan, untuk memungkinkan konvoi bantuan menjangkau tiga kota yang terkepung pada pekan ini.

"Sekarang ada kemungkinan jendela kesempatan berdasarkan perkembangan positif untuk membuat kemajuan signifikan dalam hal menghentikan taktik pengepungan di beberapa kota dan desa dan perampasan bantuan kemanusiaan ini,“ kata Dominik Stillhart, direktur operasi di ICRC.

Stillhart mengatakan dalam sebuah konferensi pers, perundingan difokuskan pada penjagaan jalur pipa agar tetap terbuka, dan menyatakan tidak mungkin untuk menegosiasikan akses desa demi desa.

Konvoi 44 truk bermuatan tepung dan barang-barang lain memasuki Kota Madaya pada Kamis (14/1), konvoi kedua yang menjangkau kota yang menurut laporan AFP dari warga setempat, mereka bertahan hidup dengan melahap sup dari rebusan rumput.

Sebanyak 17 truk dijadwalkan akan mengirimkan bantuan ke Desa Fuaa dan Kafraya di bagian barat laut. (AFP/Ant)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home