Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 12:39 WIB | Jumat, 21 Maret 2014

Palestina Tuntut Pembebasan Arsitek Intifada

Seseorang sedang membersihkan banksy Marwan Barghouti Hasib Ibrahim di tembok Tepi Barat. (Foto: thenational.ae)

RAMALLAH, SATUHARAPAN.COM – Presiden Palestina Mahmoud Abbas menuntut—dalam pembicaraan dengan Presiden Amerika Serikat Barack Obama—supaya Israel membebaskan tahanan penting Palestina, termasuk Marwan Barghouti, salah satu arsitek utama intifada 2000, kata seorang pejabat Palestina, Kamis (20/3).

Awal bulan ini, Abbas mengatakan rakyat Palestina tidak akan setuju memperpanjang perundingan perdamaian dengan Israel melampaui batas waktu 29 April, tanpa Israel melepaskan lebih banyak tahanan tahap keempat dan terakhir yang direncanakan akhir bulan ini.

Selama pertemuannya dengan Obama di Washington pada Senin, "Presiden Abbas menuntut pembebasan beberapa tahanan dan pemimpin Palestina yang dipenjarakan di Israel, seperti Saadat dan Barghouti serta Shubaki," kata manajer Perhimpunan Tahanan Palestina, Abdulal al-Anani kepada radio resmi Voice of Palestina.

Dia merujuk Pemimpin Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP) Ahmad Saadat, mantan pejabat keuangan Organisasi Pembebasan Palestina Fuad Shubaki dan Marwan Barghouti, salah satu arsitek utama intifada 2000.

Juga pada Kamis, delegasi parlemen Uni Eropa mendesak Israel untuk melepaskan para tahanan jangka panjang Palestina, dan mengatakan itu penting untuk menggerakkan proses perundingan Timur Tengah yang rapuh lebih maju.

"Kami percaya bahwa pembebasan tahanan merupakan proses pusat perdamaian," kata Emer Costello, yang memimpin delegasi Uni Eropa dalam misi pencari fakta tiga hari pada tahanan Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel.

Kunjungan empat anggota parlemen Uni Eropa ini terjadi pada saat Israel sedang mempertimbangkan apakah ya atau tidak untuk membebaskan kelompok akhir tahanan Palestina jangka panjang di bawah komitmen untuk pembicaraan damai yang ditengahi AS.

Israel setuju untuk membebaskan total 104 tahanan ketika pembicaraan mulai dilakukan oleh Menteri Luar Negeri AS John Kerry dimulai pada Juli.

Pihaknya telah membebaskan 78 tahanan sejauh ini, tetapi menteri Israel telah memperingatkan bahwa jika Palestina tidak setuju untuk memperpanjang pembicaraan melampaui batas waktu 29 April, mereka tidak akan melepaskan narapidana yang tersisa sesuai jadwal pada 29 Maret.

"Kita tentu berharap mereka membebaskan tahanan akan berlanjut dan akan terjadi. Adalah penting karena ada orang-orang dalam tahanan yang sebenarnya pra-Oslo," kata Costello, mengacu pada narapidana yang seharusnya akan dibebaskan di bawah kesepakatan damai Oslo 1993.

Costello mengatakan Israel telah melarang delegasi mengunjungi penjara, membatasi perjalanan ke pertemuan dengan anggota parlemen Israel dan kelompok hak asasi lokal.

Israel menahan lebih dari 5.000 warga Palestina di penjara-penjaranya, sebagian besar dari mereka dengan alasan keamanan. Sekitar 150 di antaranya diselenggarakan di bawah penahanan administratif, tanpa tuduhan atau pengadilan, dan 150 lainnya adalah anak di bawah umur.

Pembebasan 78 tahanan Palestina jangka panjang sejak Juli telah disambut oleh Abbas dan masyarakat, terutama keluarga para narapidana, yang melihat mereka sebagai interniran politik.

Tetapi itu telah membuat marah keluarga-keluarga Israel, yang keluarganya tewas di tangan beberapa orang yang dibebaskan.

Pembicaraan perdamaian diluncurkan Juli lalu tidak membuat kemajuan, dirusak oleh perselisihan sengit atas isu-isu inti, dan Washington sedang berjuang berat untuk mendapatkan kesepakatan mengenai usulan kerangka kerja yang akan memperpanjang proses perundingan untuk akhir tahun ini.

Mandela dari Palestina

Marwan Barghouti Hasib Ibrahim (lahir 6 Juni 1959) adalah tokoh politik Palestina yang dipenjara dengan dakwaan pembunuhan oleh pengadilan Israel. Ia dianggap sebagai seorang pemimpin Intifada Pertama dan Kedua.

Barghouti pada satu waktu mendukung proses perdamaian, tetapi kemudian menjadi kecewa, dan setelah tahun 2000 kemudian menjadi pemimpin Intifada Al-Aqsa di Tepi Barat. Barghouti dikatakan telah mendirikan Tanzim. Beberapa orang menjulukinya “Mandela dari Palestina”.

Pemerintah Israel telah menetapkan Barghouti sebagai teroris, menuduhnya mengarahkan sejumlah serangan, termasuk bom bunuh diri, terhadap sasaran sipil dan militer sama. Barghouti ditangkap oleh militer Israel pada 2002 di Ramallah. Dia diadili dan dihukum atas tuduhan pembunuhan, dan dijatuhi hukuman lima hukuman seumur hidup. Marwan Barghouti menolak melakukan pembelaan, berkeras bahwa seluruh sidang itu tidak sah.

Barghouti masih memiliki pengaruh besar dalam Partai Fatah (Partai di Palestina) dari dalam penjara. Dengan popularitasnya mencapai lebih jauh dari itu, telah ada beberapa spekulasi apakah dia bisa menjadi calon pemersatu dan pengganti Mahmoud Abbas. (AFP/wikipedia.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home