Loading...
RELIGI
Penulis: Endang Saputra 21:12 WIB | Selasa, 24 November 2015

Pameran Kartun Santri Nusantara Hari Ini Digelar

Poster lomba dan pameran kartun santri Nusantara. (Sumber: Kemenag)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama Republik Indonesia menyelenggarakan pameran kartun Santri Nusantara dengan tema” bernegara dan beragama yang santun berakhlak” pada 24-30 November 2015 di Ruang B Galeri Nasional yang akan dibuka oleh Menteri Agama RI.

“Melalui acara ini, kami ingin mengajak masyarakat terlibat langsung dalam memperkenalkan Islam Nusantara yang rahmatan lilalamin melalui ajang apresiasi karya seni. Adapun pemilihan media kartun dimaksudkan agar pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami masyarakat,” kata Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Mohsen, di Galeri Nasional, Indonesia, Jalan Merdeka Timur 14 Jakarta Pusat, hari Selasa (24/11).

Peserta Pameran Nasional Kartun Santri Nusantara diikuti oleh 120 karya kartunis melalui jalur seleksi lomba dan jalur undangan. Untuk jalur lomba, panitia telah menerima lebih dari 1500 karya kartun dari 750 kartunis seluruh Indonesia.

Untuk Dewan juri, kata Mohsen yang terdiri dari KH Ahmad Mustofa Bisri (Pengurus Ponpes Roudlotut Tholibin, Rembang), Pramono R Pramujo (Kartunis senior) dan Abdullah Ibnu Thalhah (Direktur Rumah Kartun Indonesia) dan Kus Indarto sekaligus sebagai kurator pameran telah memilih para pemenang lomba dan 70 karya yang lolos seleksi pameran.

Untuk itu, kata Mohsen kegiatan dimaksudkan sebagai ikhtiar memperkenalkan Islam Nusantara yang santun.

“Hal itu sekaligus untuk menunjukkan citra pesantren sebagai lembaga pendidikan Islam yang positif serta menghasilkan manusia Indonesia yang cerdas, santun, dan berakhlak dalam kehidupan berbangsa bernegara dan beragama,” katanya.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home