Loading...
INDONESIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 06:25 WIB | Jumat, 24 Januari 2014

Pangdam Siliwangi: Media Agar Buat Berita Berimbang

Pangdam Siliwangi sedang memeriksa pasukan. (Foto: dari kodam3.siliwangi.mil.id)

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Dedi Kusnadi Thamim mengharapkan peran strategi media massa bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, salah satunya membuat berita berimbang dan tidak meresahkan masyarakat.

"Insan pers dalam menyajikan berita harus seimbang, Jika ada berita negatif hendaknya perlu terlebih dahulu dikonfirmasikan, agar berita yang dibuat di media tidak meresahkan," kata Pangdam III/ Siliwangi pada silaturahim dengan insan pers Jabar di Makodam III Siliwangi di Bandung, Kamis (23/1).

Ia menyebutkan menjalin silaturahim sangat penting, karena melalui silaturahmi banyak hal dapat disampaikan dan dikomunikasikan.

"Komunikasi juga menurut Pangdam bisa menambah wawasan dan sebagai sarana untuk bertukar informasi," katanya.

Pangdam menyampaikan apresiasi bahwa pers Jawa Barat selama ini telah membantu Kodam III/Siliwangi terutama dalam menginformasikan kegiatan Kodam III/Siliwangi sehingga bisa diketahui oleh masyarakat.

Pada kesempatan itu, pangdam juga berharap memberitakan Pemilu secara seimbang dan turut membangun demokrasi bangsa yang lebih baik. 

"Berita yang disampaikan bukan saja bisa mencerdaskan masyarakat, tetapi juga bisa meminimalisir terjadinya golput dalam pemilu serta tidak ragu untuk berpartisipasi dalam Pemilu," katanya.

Terkait dengan pelaksanaan Pemilu 2014, Pangdam menegaskan Kodam III/Siliwangi dan TNI pada umumnya akan tetap konsisten menjaga netralitasnya dalam Pemilu.

Ia menyebutkan telah memerintahkan dan memberikan pengarahan kepada para Komandan satuan serta seluruh prajurit Kodam III/Siliwangi agar menjaga netralitas. 

"Seluruh fasilitas TNI yang ada tidak boleh digunakan dalam kegiatan politik, bahkan semua atribut partai dan kegiatan pemilu tidak boleh ada di lingkungan satuan dan asrama milik Kodam III/Siliwangi," katanya.

Tatap muka dan silaturahmi dengan insan pers dihadiri oleh 65 orang wartawan dari media cetak dan elektronika. Sementara dari jajaran Kodam III/Siliwangi yang turut hadir Kasdam III/Siliwangi Brigjen TNI Suyatno, Kasgar Tap II/Bandung Marsma TNI Imron Nasution, Irdam, Para Asisten dan Kabalak jajaran Kodam III/Siliwangi.

Us Tiarsa yang juga mantan Ketua PWI Jabar yang didaulat memberikan sambutan mewakili wartawan mengungkapkan apresiasinya atas diselenggarakannya silaturahmi antara Kodam III/Siliwangi dengan jajaran insan pers di Jawa Barat. 

"Hubungan kerjasama antara pers dengan Kodam III/Siliwangi, kata dia sudah terjalin dengan baik sejak dulu, bahkan para wartawan sering diikut sertakan dalam kegiatan operasi maupun kunjungan kerja Panglima ke daerah-daerah," kata Us Tiarsa. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home