Loading...
BUDAYA
Penulis: Wiwin Wirwidya Hendra 19:17 WIB | Jumat, 17 Mei 2013

Para Juri Festival Film Cannes 2013

Festival de Cannes 2013 telah resmi dibuka pada Rabu (15/5) kemarin dan akan dipenuhi oleh 35 ribu sineas dari berbagai penjuru dunia. (dok. news.com.au)

CANNES, SATUHARAPAN.COM - Pemutaran film dalam Festival Film Cannes (Festival de Cannes) sudah dimulai Rabu, (15/5) kemarin dengan menayangkan film The Great Gatsby yang diangkat dari roman karya F Scott Fitzgeralds. Siapa sajakah juri yang akan bekerjasama menentukan pemenang-pemenang dalam Festival de Cannes kali ini?

Steven Spielberg, salah satu sineas paling sukses dalam sejarah film Hollywood ini didaulat menjadi Ketua Tim Juri dalam ajang kompetisi film Festival Film Cannes 2013. Dalam karier filmnya, Spielberg telah menyutradari ratusan film, memproduseri puluhan judul fil. Beberapa karnyanya yang menjadi fenomena adalah Jaws, Jurassic Park, dan E.T.

Bersama Spielberg sebagai juri ada pula aktris asal Australia, Nicole Kidman. Kidman telah memenangkan berbagai penghargaan termasuk dalam ajang penghargaan nomor satu dalam dunia sinema, Academy Awards. Beberapa film yang berhasil ia bintangi dan mendapatkan perhatian dari seluruh dunia adalah Interpreter karya Sydney Pollack, Moulin Rouge karya Baz Luhrmann, The Hours karya Alejandro Amenabar, dan masih banyak lagi.

Sineas asal Asia juga termasuk dalam jajaran juri Festival Film Cannes 2013, dan ia adalah Ang Lee. Sutradara kawakan asal Taiwan ini menyelesaikan pendidikan filmya di New York University dan membuat debut filmnya yang berjudul Pushing Hands. Film karyanya yang menarik perhatian dunia untuk pertama kali adalah Crouching Tiger Hidden Dragon yang menyabet penghargaan Oscar sebagai Best Foreign Film. Kemudian drama tentang homoseksual yang dibintangi oleh Jake Gylenhaal dan Heath Ledger, berjudul Brokeback Mountain, belum lagi Sense and Sensibility, dan Life of Pi yang berhasil menjadikannya sebagai Sutradara Terbaik dalam ajang Academy Awards 2013.

Di samping para sineas ini, masih ada 6 juri lainnya diantaranya Vidya Balan, aktris asal India, Naomi Kawase sutradara asal Jepang, Christoph Waltz aktor asal Austria, Lynne Ramsay sutradara asal Inggris, Christian Mungiu sutradara asal Rumania, dan Daniel Auteuil aktor asal Prancis.

Sebanyak 35,000 sineas akan berkumpul dalam ajang ini, 20 film akan ditayangkan, begitu pula dengan 9 film pendek, dipertandingkan akan dipertontonkan sepanjang satu minggu hingga pada tanggal 26 Mei 2013 mendatang akan diumumkan pemenang dari berbagai kategori yang telah ditentukan.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home