Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:09 WIB | Jumat, 20 Januari 2023

Para Penjinak Ranjau Ukraina Berlatih di Kamboja

Seekor anjing mengendus bau virus COVID-19 selama demonstrasi saat para penjinak ranjau Ukraina melakukan tur ke Peace Museum Mine Action di provinsi Siem Reap, barat laut Kamboja, Jumat, 20 Januari 2023. Pakar Kamboja, yang negaranya tak diragukan sebagai salah satu negara paling terkontaminasi di dunia oleh ranjau darat, berjalan bersama sekelompok tentara Ukraina melalui ladang ranjau yang secara aktif dibersihkan dengan harapan pengalaman puluhan tahun mereka akan membantu orang Eropa dalam upaya mereka sendiri untuk menghilangkan ranjau Rusia di dalam negeri. (Foto: AP/Heng Sinith)

SIEM REAP, KAMBOJA, SATUHARAPAN.COM - Sekelompok 15 penjinak ranjau Ukraina pada hari Jumat (20/1) menyelesaikan pelatihan selama sepekan di Kamboja, di mana para ahli yang telah membersihkan ladang ranjau dari salah satu negara paling terkontaminasi di dunia berbagi keahlian mereka dengan para pendatang baru di pekerjaan berbahaya tersebut.

Kamboja masih dipenuhi ranjau dari tiga dekade perang dan konflik internal yang berakhir pada 1998, sedangkan masalah di Ukraina merupakan masalah baru sejak invasi Rusia tahun lalu.

Penjinak ranjau Ukraina, Stanislav Kulykiusky, mengatakan kepada wartawan bahwa timnya berterima kasih atas pelatihan tersebut, dengan mengatakan bahwa di dalam negeri sudah 64 penjinak ranjau terluka dan 13 tewas dalam menjalankan tugas.

“Ini adalah situasi yang sangat sulit,” katanya.

LSM Pengawasan Ranjau Darat dalam laporannya tahun 2022 mencantumkan Kamboja dan Ukraina di antara sembilan negara dengan kontaminasi ranjau “besar-besaran”, yang berarti mereka memiliki lebih dari 100 kilometer persegi (38,6 mil persegi) ladang yang belum dibersihkan.

Kulykiusky mengatakan bahwa tantangan utama bagi penjinak ranjau Ukraina adalah skala pekerjaannya, tetapi sangat penting untuk memastikan semua ranjau dihilangkan sebelum orang kembali ke desa dan pertanian.

"Ini adalah prasyarat pemulihan," katanya.

Penghapus ranjau Kamboja termasuk yang paling berpengalaman di dunia, dan beberapa ribu telah dikirim dalam dekade terakhir di bawah naungan PBB untuk bekerja di Afrika dan Timur Tengah.

Tim dari Ukraina telah berada di lokasi yang berbeda selama sepekan terakhir belajar menggunakan detektor ranjau canggih Jepang yang dikenal sebagai Sistem Pencitraan Ranjau Darat Tingkat Lanjut.

Dikembangkan di Universitas Tohoku, perangkat genggam ini terdiri dari detektor logam dengan radar penembus tanah terintegrasi yang dapat membantu penjinak ranjau mendeteksi dan mengidentifikasi ranjau yang terkubur.

Pada hari Jumat, kelompok tersebut mengunjungi sebuah museum yang didedikasikan untuk menjelaskan berbagai ranjau darat dan amunisi yang tidak meledak yang ditemukan di Kamboja, kemudian mengikuti pelatihan praktis di lokasi terdekat.

Mereka mengakhiri perjalanan mereka pada hari Sabtu dengan satu hari libur pelatihan untuk mengunjungi kompleks candi Angkor Wat yang terkenal di Kamboja sebelum kembali ke rumah.

Pelatihan akan berlanjut, bagaimanapun, dengan panggilan konferensi video reguler, dan tim yang terdiri dari tiga sampai lima ahli Kamboja akan melakukan perjalanan ke Polandia pada bulan April untuk melatih lebih banyak orang Ukraina, kata Oum Phumro, wakil sekretaris jenderal Pusat Pekerjaan Ranjau Kamboja, badan pemerintah yang mengawasi pembersihan ranjau darat dan persenjataan yang tidak meledak di negara ini.

Dia mengatakan Kamboja juga memberi Ukraina anjing pelacak yang berpengalaman dan melatih mereka tentang cara menggunakannya untuk mendeteksi ranjau.

“Para penjinak ranjau kami memiliki pengalaman membersihkan ranjau selama sekitar 30 tahun dan kami telah melatih banyak negara,” katanya. “Hari ini kami bangga bahwa kami melatih penjinak ranjau Ukraina.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home