Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 17:54 WIB | Kamis, 16 April 2015

Paripurna DPR Sahkan Badrodin Jadi Kapolri, Kapan Dilantik?

Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Badrodin Haiti (kiri) bersama dengan anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia (DPR RI) saat memberikan salam kepada para awak media usai menjalani uji kelayakan dan kepatutan pencalonan Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri) di gedung Nusantara II Jakarta, Kamis (16/4). Dari 10 partai perwakilan fraksi telah sepakat memilih Komjen Badrodin Haiti sebagai Kapolri yang baru. (Foto: Dok. satuharapan.com/Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Rapat Paripurna DPR RI telah menetapkan Komisaris Jenderal (Komjen) Polisi Badrodin Haiti sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), pada Kamis (16/4) sore. Ketua DPR Setya Novanto mengatakan akan langsung mengirimkan surat kepada Presiden Joko Widodo agar institusi Kepolisian segera memiliki Kapolri definitif.

“Surat hari ini juga akan langsung kita kirimkan kepada Presiden Jokowi, saya juga sudah menghubungi Sekretariat Negara untuk menindaklanjuti. Masyarakat sudah menunggu masalah Polri ini bisa selesai sebaik-baiknya,” kata Novanto usai Rapat Paripurna DPR pengambilan keputusan calon Kapolri, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/4).

Ketua DPR berharap dengan latar belakang yang baik, Komjen Polisi Badrodin Haiti bisa menjalankan tugas dan fungsi dengan baik juga. “Sehingga soliditas Polri yang kita harapkan bisa terwujud, Polri bisa kondusif dan solid,” ujar Novanto.

Rapat Paripurna DPR yang dilangsungkan guna mengambil keputusan terkait hasil uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di Komisi III DPR RI berlangsung mulai pukul 16.15 WIB. Daftar hadir permulaan rapat paripurna hanya dihadiri 283 anggota dari 555 anggota DPR RI dari 10 fraksi.

Anggota Fraksi PDI Perjuangan hadir 52 orang dari 106 anggota, Fraksi Partai Golkar hadir 50 orang dari 90 anggota, Fraksi Partai Gerindra hadir 35 orang dari 73 anggota, Fraksi Partai Demokrat hadir 30 orang dari 60 anggota, Fraksi PAN hadir 22 orang dari 48 anggota. Selanjutnya, Fraksi PKB hadir 23 orang dari 47 anggota, Fraksi PKS hadir 23 orang dari 40 anggota, Fraksi PPP hadir 20 orang dari 39 anggota, Fraksi Nasdem hadir 20 orang dari 36 anggota, dan Fraksi Hanura hadir 8 orang dari 16 anggota.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home