Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 00:37 WIB | Sabtu, 06 Desember 2014

Partai Komunis Menang di Negara Bagian Jerman

Bodo Ramelow. (Foto: dw.de/Reuters)

BERLIN, SATUHARAPAN.COM - Partai Kiri-(Left) pada Jumat (5/12) secara resmi berkuasa di Thuringia, salah satu negara bagian Jerman. Ini untuk pertama kalinya dalam 25 tahun partai berhaluan komunis memenangi pemilu di negara ini.  

Kemenangan ini mengakhiri masa pemerintahan golongan konservatif yang telah berkuasa seperempat abad. Disamping itu kemenangan partai Left  juga akan meningkatkan peluang sayap kiri untuk mengancam kedudukan Kanselir Jerman, Angela Merkel pada pemilihan federal mendatang.

Partai Kiri yang bila dirunut ke akar sejarahnya adalah Socialist Unity Party (SED), dulu di masa jayanya merupakan partai yang memerintah Jerman Timur dan membangun Tembok Berlin. Kali ini mereka akan menjalankan pemerintahan di negara bagian yang terletak di sebelah barat daya Berlin,  bersama-sama dengan partai kiri tengah  Social Democrats (SPD) dan Partai Hijau.

Thuringia menyelenggarakan pemilu pada September lalu yang menghasilkan perolehan suara berimbang diantara empat partai yang bertarung. Pada akhirnya, tiga partai kiri setuju membentuk koalisi dan pada Jumat majelis negara memilih Bodo Ramelow dari Partai Kiri menjadi perdana menteri Rhumingia.

Bodo Ramelow adalah aktivis buruh dan saat ini berusia  58 tahun.

Inilah untuk pertama kalinya ketiga partai ini berkuasa secara bersama di salah satu dari  16 negara bagian Jerman. Jika berhasil di Thuringia, kemungkinan mereka memutuskan untuk bersama-sama lagi dalam pemilu  2017 untuk menantang Merkel, kanselir yang mewakili partai-partai konservatif.

Di masa lalu, partai kiri tengah SPD yang berkuasa bersama-sama dengan partai pimpinan Merkel dalam koalisi besar, menolak bekerjasama dengan partai Kiri di tingkat nasional.

Berkampanye Didampingi Patung Karl Marx

"Kita perlu rekonsiliasi ketimbang terbagi-bagi," kata Ramelow dalam pidato yang emosional di hadapan 91 anggota majelis.

Ramelow adalah pendukung fanatik sosialisme dan pada September lalu, ia berkampanye dengan patung Karl Marx berwarna merah cerah berada di sampingnya. Meskipun demikian, ia menegaskan bahwa partai Kiri bukan SED. Dari  2.3 juta anggota SED, kata Ramelow, hanya sekitar 16,000 yang bergabung dengan partai kiri.

Angela Merkel pernah mengatakan kemenangan yang diperoleh partai yang pro Rusia dan anti Nato itu adalah penghinaan terhadap korban komunisme.

Merkel yang dibesarkan di Jerman Timur, mengingatkan SPD agar tidak membiarkan dirinya diperalat oleh partai Kiri untuk membawa Karl Marx masuk ke dalam pemerintahan Thuringia.

Alinansi antara SPD dengan partai Kiri merupakan ancaman terbesar bagi Merkel untuk memenangi pemilu  2017, yang akan membawa dia kepada periode keempat memerintah, apabila ia menang.

Partai konservatif pimpinan Merkel kini telah kehilangan kendali terhadap enam negara bagian sejak tahun 2009 dan berkuasa hanya di lima dari 16 negara bagian.

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home