Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:19 WIB | Kamis, 08 Juni 2023

Partisan Rusia Pro Ukraina Serang Wilayah Belgorod, Rusia

Ratusan anak Rusia di wilayah dekat perbatasan dievakuasi.
Kendaraan yang hancur menyusul apa yang dikatakan sebagai penembakan oleh pasukan partisan Rusia pro Ukraina selama konflik Rusia-Ukraina di kota Shebekino di wilayah Belgorod, Rusia, dalam gambar selebaran yang dirilis 31 Mei 2023. (Foto: dok. Reuters)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada hari Senin (5/6) bahwa pihaknya telah berhasil menghalau upaya Ukraina untuk menyeberang ke wilayah Belgorod di Rusia selatan pada hari Minggu (4/6), kantor berita Rusia melaporkan.

Dikatakan bahwa "lebih dari 10" pejuang Ukraina telah tewas oleh serangan udara dan artileri, lapor kantor berita RIA Novosti.  Sejumlah media belum dapat memverifikasi akun tersebut secara independen.

Sekelompok partisan Rusia yang pro Ukraina mengatakan pada hari Minggu bahwa mereka telah menangkap beberapa tentara selama serangan lintas perbatasan ke wilayah Belgorod dan akan menyerahkan mereka kepada pihak berwenang Ukraina.

Gubernur Belgorod, Vyacheslav Gladkov, melaporkan pertempuran di kota Novaya Tavolzhanka dengan apa yang disebutnya "penyabot Ukraina".

Ratusan Anak Dievakuasi dari Belgorod

Sementara itu, Reuters melaporkan penembakan oleh pasukan Ukraina di wilayah Belgorod Rusia berlanjut pada hari Minggu malam setelah dua orang tewas pada malam sebelumnya dan ratusan anak dievakuasi dari perbatasan, kata Gubernur, Vyacheslav Gladkov, pada hari Minggu.

“Semalam, cukup gelisah,” kata Gladkov di saluran Telegram, menambahkan bahwa distrik Shebekino dan Volokonovsky menderita “banyak” kerusakan akibat penembakan pada malam hari.

Lebih dari 4.000 orang dipindahkan ke akomodasi sementara di wilayah itu, yang berbatasan dengan Ukraina di selatan dan baratnya, kata Gladkov.

Realitas perang, yang diluncurkan Moskow di Ukraina pada Februari 2022, semakin dibawa ke wilayah Rusia, dengan penembakan intensif di wilayah perbatasan tetapi juga serangan udara jauh di dalam wilayah Rusia, termasuk awal pekan ini di Moskow.

Pada akhir Mei, militer Rusia mengatakan telah menangkis salah satu serangan lintas batas paling serius oleh "kelompok sabotase" Ukraina yang dikatakan telah memasuki wilayah Rusia di Belgorod.

Ukraina membantah menyerang Moskow pekan lalu dan juga membantah bahwa militernya terlibat dalam serangan ke Belgorod. Dikatakan bahwa serangan itu dilakukan oleh pejuang sukarelawan Rusia.

Pada hari Sabtu, Gladkov mengantar sekitar 600 anak dari distrik Shebekino dan Graivoron ke Yaroslavl dan Kaluga. “Anak-anak Shebekino sangat mengkhawatirkan kampung halamannya,” katanya. "Saya mulai pergi, mereka menghentikan saya dan dengan cemas mulai mengajukan pertanyaan."

Shebekino, sebuah kota berpenduduk sekitar 40.000 di perbatasan, dan tempat-tempat Belgorod lainnya telah diserang berulang kali baru-baru ini, dengan Gladkov mengatakan kepada media Rusia bahwa wilayah tersebut sekarang hidup dalam “kondisi perang yang sebenarnya.”

Moskow menyebut tindakannya di Ukraina sebagai "operasi militer khusus", bukan perang dan mengatakan itu diluncurkan untuk melindungi Rusia dari ancaman gerakan Ukraina ke Barat. Kiev dan sekutunya mengatakan itu adalah agresi yang tidak beralasan untuk merebut tanah.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home