Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 13:19 WIB | Kamis, 22 Mei 2014

Pasukan AS Dikerahkan untuk Selamatkan Sandera Nigeria

Presiden Prancis Francois Hollande (kanan) menemani Presiden Nigeria Goodluck Jonathan (tengah) setelah mengikuti pertemuan puncak dengan fokus ancaman dari kelompok Islamis Boko Haram di istana Elysee, Paris pada 17 Mei 2014. (Foto: AFP)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Amerika Serikat mengerahkan 80 personel militer ke Chad guna membantu upaya penyelamatan lebih dari 200 gadis sekolah yang diculik di Nigeria, tutur Presiden Barack Obama pada Rabu (21/5).

“Personel ini akan membantu operasi intelijen, pengawasan dan pengintaian pesawat untuk misi di Nigeria utara dan daerah sekitarnya,” katanya dalam sebuah surat yang disampaikan kepada Kongres.

“Pasukan ini akan tetap di Chad hingga dukungannya untuk menyelesaikan masalah penculikan tidak diperlukan lagi.”

Bulan lalu, militan dari kelompok ekstremis Boko Haram menangkap lebih dari 200 gadis Nigeria dari asrama sekolah mereka di Chibok, dekat perbatasan Chad.

Nigeria dan otoritas internasional lamban bereaksi, namun setelah masyarakat yang prihatin meluncurkan kampanye di media sosial dan kelompok tersebut mengancam akan menjual gadis-gadis itu sebagai budak, tawaran bantuan datang dari berbagai pihak.

Prancis juga mengerahkan pasukan di Chad, sementara Inggris dan Amerika Serikat telah mengirim tim kecil spesialis ke Nigeria untuk membantu pemerintahan Presiden Goodluck Jonathan dalam pencarian gadis-gadis yang diculik. (AFP)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home