Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 12:26 WIB | Kamis, 07 Juli 2016

Pauline Hanson Menang Bikin Pebisnis Asia di Australia Takut

Pauline Hanson berbicara saat konferensi pers di Brisbane. (Foto: straitstimes.com)

CANBERRA, SATUHARAPAN.COM - Politisi kontroversial penyeru anti-migran dan anti-Muslim, Pauline Hanson telah menimbulkan kekhawatiran bahwa ‘comeback’ politiknya bisa mempengaruhi investasi Asia dan merusak reputasi Australia di luar negeri.

Peringatan itu datang di tengah perhitungan suara pemilu Australia yang memperkirakan Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, akan berada dalam posisi yang kuat untuk membentuk pemerintahan minoritas dan belum bisa mencapai mayoritas kecil.

Partai Koalisi konservatif (Partai Liberal dan Partai Nasional) Turnbull dipastikan memenangkan 72 kursi di 150-anggota Majelis Rendah. Sementara oposisi Partai Buruh diharapkan untuk memenangkan 66 kursi, dengan lima kursi untuk independen dan tujuh kursi masih belum dipastikan.

Analis percaya Partai Koalisi kemungkinan mendapat 75 kursi, yang akan membutuhkan dan mengandalkan dukungan dari setidaknya satu Member of Parliament (MP) independen.  Turnbull belum bisa mendapatkan mayoritas kecil karena saat ini penghitungan sekitar satu juta kartu suara sisa masih berjalan.

"Pada tahap ini, Koalisi masih bisa menang mayoritas tetapi mereka perlu melihat tren penyempitan jumlah kursi mereka dengan Partai Buruh di depan," kata Antony Green, pakar pemilu ABC sebagaimana dikutip straitstimes.com, hari Kamis (7/7).

Turnbull telah menghadapi kritik terbuka dari beberapa anggota parlemen, terutama dari sayap konservatif Partai Liberal, yang telah lama melihat dia dengan kecurigaan.

Seorang anggota parlemen Liberal, Corey Bernardi, mengungkapkan bahwa ia membentuk sebuah gerakan yang oleh pihak konservatif Australia digolongkan sebagai separatis.

Kemarin (6/7), para pemimpin politik dan bisnis terkemuka memperingatkan tentang dampak pemilihan Hanson, pemimpin Queensland dari sayap kanan partai One Nation.

Selama bertugas sebagai anggota parlemen pada akhir 1990-an, Hanson terkenal memperingatkan bahwa Australia terancam "dibanjiri oleh orang-orang Asia". Dia telah memfokuskan serangan itu pada umat Islam belakangan ini, namun belum meninggalkan klaim bahwa Australia perlu membatasi migrasi Asia.

"Anda pergi dan meminta banyak orang di Sydney, di Hurstville atau beberapa pinggiran kota lainnya (yang memiliki populasi besar dari China dan negara-negara Asia lainnya)," kata dia, dan, "Mereka merasa mereka telah dibanjiri oleh orang-orang Asia dan, terlepas dari itu sekarang, banyak warga Australia merasa bahwa orang Asia yang membeli lahan utama pertanian, perumahan."

Meskipun Koalisi dan Buruh telah mengecam keras Hanson dan memutuskan bahwa mereka tidak akan bekerja sama dengan dia, kehadirannya telah menimbulkan kekhawatiran tentang kedudukan Australia di wilayah tersebut.

Mantan menteri luar negeri Australia Bob Carr mengatakan kemarin bahwa Hanson akan merugikan citra bangsa, labelnya "memalukan untuk Australia di Asia".

"Namanya tidak mungkin untuk disebutkan dalam percakapan diplomatik, tapi itu hanya karena teman-teman kita di pemerintah di negara-negara seperti Malaysia dan Indonesia terlalu sopan untuk tidak menyebutkannya," kata Carr kepada Fairfax Media.

"Semua negara memiliki pembuat onar dan rasis seperti Pauline Hanson dalam sistem politik mereka, selamanya mencambuk penderitaan rasis di masa penyesuaian ekonomi. Itu akan lebih baik meskipun seandainya Australia salah satu negara yang tersisa bercacat oleh populisme rasis ini," dia menambahkan.

Pengusaha Klub Australia China yang berbasis di Sydney, yang mencakup investor Tiongkok kaya, mengatakan kembalinya Hanson sudah memicu beberapa orang meneleponnys dan bertanya, "Haruskah kita masih berinvestasi di Australia?"

"Ini sangat buruk bagi investasi asing," kata ketua klub, Richard Yuan, mengatakan kepada The Australian Financial Review.

"Ideologi politik nya adalah anti Asia, anti-multikulturalisme menyebabkan pengadukan terhadap orang kulit berwarna ... Dia pendukung kebijakan Australia Putih. Semua orang berbicara tentang hal itu ketika mereka berpikir tentang migrasi dan tanpa migrasi dan integrasi, itu buruk bagi bisnis, dan perumahan," Yuan menambahkan.

Dengan perhitungan di Senat, Partai One Nation berada di jalur untuk memenangkan setidaknya satu kursi dan sebanyak empat ruangan.

Kebijakan Hanson di pemilu ini meliputi seruan untuk komisi kerajaan ke dalam Islam dan pemasangan kamera keamanan di masjid-masjid. Dia cenderung untuk menarik dukungan dari orang-orang yang merasa tidak puas dan tersingkir, meskipun tidak semua mendasarkan penilaian mereka pada pandangannya tentang Asia dan Muslim.

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home