Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 17:42 WIB | Senin, 05 Juli 2021

Paus Dalam Keadaan Sehat Pasca Operasi Usus Besar

Paus Fransiskus berjalan bersama para pemimpin Kristen Lebanon untuk memimpin doa pada hari refleksi dan doa untuk Lebanon, di Vatikan, hari Kamis (1/7). (Foto: dok. Reuters)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus dalam keadaan baik setelah operasi usus, kata Vatikan pada hari Minggu (4/7) setelah paus berusia 84 tahun itu dirawat di rumah sakit untuk pertama kalinya sejak pemilihannya pada tahun 2013.

Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Paus "merespon dengan baik" operasi, yang dilakukan di bawah anestesi umum dan yang Vatikan katakan sebelumnya telah dijadwalkan dan tidak karena keadaan darurat.

Dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang operasi atau berapa lama itu berlangsung dan tidak mengatakan berapa lama Paus akan tinggal di rumah sakit Gemelli Roma.

Paus memasuki rumah sakit pada hari Minggu sore dan pernyataan itu dikeluarkan tepat sebelum tengah malam waktu Roma.

Paus Fransiskus menjalani operasi untuk gejala stenosis divertikular usus besar, suatu kondisi di mana ada seperti kantung menonjol dari lapisan otot usus besar, membuatnya menjadi sempit. Operasi tersebut dilakukan oleh 10 orang dalam tim medis.

Selain menyebabkan rasa sakit, kondisi tersebut dapat menyebabkan kembung, peradangan, dan kesulitan buang air besar. Ini cenderung lebih mempengaruhi orang yang lebih tua.

Paus tampak dalam keadaan sehat beberapa jam sebelumnya ketika dia berbicara kepada ribuan orang di Lapangan Santo Petrus untuk pemberkatan hari Minggunya dan mengumumkan perjalanan ke Slovakia dan Budapest untuk bulan September.

Rumah sakit dan sekolah kedokteran Gemelli yang dikelola Katolik di bagian utara Roma secara tradisional merawat paus dan sebagian dari lantai 10 secara permanen disediakan untuk mereka.

Paus kadang-kadang sesak napas karena bagian dari salah satu paru-parunya diangkat setelah sakit ketika dia masih muda di negara asalnya, Argentina.

Dia juga menderita linu panggul, yang menyebabkan rasa sakit yang menjalar dari punggung bawah sepanjang saraf linu panggul ke kaki.

Kondisinya, di mana ia menerima fisioterapi secara teratur, memaksanya untuk melewatkan beberapa acara pada awal tahun ini dan telah membuatnya berjalan dengan susah payah.

Tahun lalu, flu yang parah menghalanginya untuk mengambil bagian dalam retret Pra Paskah selama sepekan dengan para pembantu senior di selatan Roma.

Pada tahun 2014, setahun setelah ia terpilih sebagai paus, Fransiskus terpaksa membatalkan beberapa acara karena penyakit perut. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home