Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 13:57 WIB | Rabu, 02 Oktober 2013

Paus Fransiskus Berbagi Iman dengan Seorang Ateis

Paus Fransiskus (kiri) dan Eugenio Scalfari. (Foto: time.com)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM – Paus Frasiskus selalu membuat kejutan. Kali ini, diselingi humor, pemimpin Gereja Katolik ini membahas tentang iman dengan seorang ateis Italia yang berpengaruh.

Paus Fransiskus berkorespondensi Eugenio Scalfari, seorang Italia intelektual ateis dan pendiri surat kabar La Repubblica, selama beberapa minggu. Dan, sekarang Fransiskus melakukan percakapan mereka tentang iman ke tingkat yang baru. Bapa Suci mengundang Scalfari untuk bertemu secara pribadi di Vatikan pekan lalu. Percakapan mereka diterbitkan di La Repubblica pagi ini (2/10).

Di gaya khas Fransiskus, Paus bertelepon dengan  Scalfari untuk mengatur pertemuan mereka. “Saya menelepon untuk memperbaiki janji,” kata Bapa Suci. ”Biarkan saya melihat buku harian saya: Aku tidak bisa melakukan Rabu, atau Senin, Selasa akan sesuai dengan Anda ?”

Percakapan mereka intim, dan terbaca jauh lebih seperti pengalaman spiritual daripada pernyataan politik. Ini kebalikan dengan wawancara blockbuster yang dilakukan Paus Fransiskus kepada publikasi Jesuit awal bulan ini. Kemudian, Bapa Suci berbicara kepada orang-orang Kristen tentang cara gereja harus belajar untuk terlibat dengan dunia. Sekarang, ia berbicara kepada seorang ateis tentang hal iman.

Paus Tidak Sekadar Menegur

Paus Fransiskus tidak sekadar menegur klerikalisme dan birokrasi gereja saat memberi pendampingan pastoral. Dia mungkin menjadi orang yang diwawancarai, tapi dia juga yang membimbing percakapan, terutama ketika datang ke pertanyaan inti keyakinan. Dia membuktikan dirinya untuk menjadi guru ala Socrates. Scalfari mengajukan pertanyaan, Bapa Suci kembali dengan pertanyaan atau pemikiran yang menginspirasi pertanyaan. Scalfari menemukan jawabannya melalui cara itu. Hasilnya memiliki efek spiritual yang mendalam, dan mendorong pembaca untuk mempertimbangkan apa artinya beriman:

Paus Fransiskus: Tapi, sekarang biarkan saya mengajukan pertanyaan: ‘Anda, seorang sekuler yang tidak percaya kepada Tuhan. Lalu, apa yang Anda yakini? Anda adalah seorang penulis dan pemikir. Anda percaya pada sesuatu, Anda harus memiliki nilai yang dominan. Jangan menjawab saya dengan kata-kata seperti kejujuran, pencarian makna hidup, visi kesejahteraan umum, semua prinsip dan nilai-nilai penting. Itu bukan apa yang saya minta. Saya meminta apa yang Anda pikirkan adalah inti dari dunia, memang alam semesta. Anda harus bertanya pada diri sendiri, tentu saja, seperti orang lain, siapa kita, dari mana kita berasal, ke mana kita akan pergi. Bahkan anak-anak pun bertanya tentang hal itu kepada diri sendiri. Dan Anda?

Scalfari: Saya berterima kasih untuk pertanyaan ini. Jawabannya adalah ini: saya percaya pada Keberadaan, yang membentuk tubuh manusia.

Paus Fransiskus: Dan, saya percaya pada Allah, bukan pada Allah Katolik, tidak ada Allah Katolik. Yang ada Allah dan saya percaya kepada Yesus Kristus, inkarnasi Allah. Yesus adalah guru saya dan gembala saya, tapi Allah, Bapa, Abba, adalah cahaya dan Sang Pencipta. Ini adalah Keberadaan bagi saya. Apakah Anda pikir kita sangat berjauhan konsepnya?

Bapa Suci juga berbagi inti penginjilan—Injil dalam arti aslinya, berbagi kabar baik tentang Allah dan kasih Allah dengan komunitasnya. Penginjilannya telah membentuk orang Katolik Amerika Selatan menjadi semakin injili dan karismatik.

Iman Injili Sang Paus

Sesungguhnya iman evangelis, bagi Paus Fransiskus, harus berasal dari suatu hubungan. Pesannya menantang orang Katolik mengurangi sifat birokratis dan injili saat mengasihi orang-orang sebelum berusaha untuk menyelamatkan mereka. “Proselitisme—mengajak orang masuk agama kita—adalah omong kosong serius, tidak masuk akal. Kita perlu mengenal satu sama lain, saling mendengarkan dan meningkatkan pengetahuan kita tentang dunia di sekitar kita,” kata Paus Fransiskus. “Kadang-kadang setelah pertemuan saya ingin mengatur satu sama lain karena ide-ide baru lahir dan saya menemukan kebutuhan baru. Hal ini penting: untuk mengenal orang, mendengarkan, memperluas lingkaran ide”.

Dan di tengah-tengah itu semua, Paus Fransiskus menunjukkan rasa humor. Dia mengambil imannya serius, tapi ia tidak terlalu begitu. Pada satu titik, Scalfari mengatakan Paus bagaimana dia harus bertahan menjalankan disiplin rohani Jesuit selama satu setengah bulan ketika kaum Jesuit menyembunyikannya dari Nazi selama Perang Dunia Kedua. Paus Fransiskus merespons dengan binar nakal, “Tapi, tidak mungkin kan terus-menerus satu setengah bulan latihan spiritual?”

Wawancara ini mungkin tidak menciptakan hype seperti  wawancara sebelumnya. Pertama, itu bukan wawancara pertama yang signifikan. Kedua, itu membahas masalah-masalah spiritual, bukan pertanyaan tentang seksualitas, sehingga mungkin lebih sulit untuk menarik perhatian media. Tapi, ini menjadi hubungan yang mendalam Bapa Suci dalam membimbing tidak hanya jemaatnya, tetapi juga dengan dunia secara keseluruhan. Enam bulan ini, Paus Fransiskus terus menjadi gembala bagi dunia. (time.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home