Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 10:35 WIB | Sabtu, 18 Juni 2016

Paus Fransiskus Kembali Sambut Pencari Suaka dari Suriah

Ilustrasi: Paus Fransiskus ketika menerima remaja di Lapangan Santo Petrus, Roma. (Foto: Dok satuharapan.com/independent.ie)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM - Paus Fransiskus menyambut sembilan lagi pencari suaka Suriah ke Roma, dua bulan setelah dia menerbangkan satu kelompok lainnya dari Yunani dengan pesawat pribadinya, kata Vatikan pada Kamis (17/6).

Kelompok terbaru itu juga tinggal di sebuah kamp transit di pulau Yunani Lesbos setelah mengarungi laut dari Turki.

“Kelompok kedua yang terdiri atas sembilan pengungsi tiba di Roma kemarin (Rabu),” menurut pernyataan Vatikan.

“Para pengungsi, enam orang dewasa dan tiga anak, adalah warga negara Suriah yang tinggal di kamp pengungsi Kara Tepe,” demikian tambahan penjelasannya.

Sri Paus pada April menepis kritik terkait kelompok sebelumnya, mengatakan, “Saya tidak memilih antara Kristen dan Muslim. Semua pengungsi adalah anak-anak Allah.”

Mereka dipilih oleh para pejabat dengan alasan bahwa dokumen mereka cukup lengkap untuk mengamankan kesepakatan cepat mengenai pemindahan mereka dari Yunani dengan pemerintah Italia.

Sejauh ini, tiga keluarga sudah beradaptasi dengan kehidupan di Roma dan mulai belajar bahasa Italia.

Lebih dari 1,1 juta orang menyeberangi lautan dari Turki ke Yunani sejak awal 2015, dengan ratusan di antara mereka tenggelam di tengah perjalanan. Sebagian besar dari mereka merupakan warga Suriah yang melarikan diri dari perang brutal di negara tersebut.(AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home