Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 11:23 WIB | Minggu, 03 September 2023

Paus Fransiskus Kunjungi Mongolia, Puji Kebebasan Beragama

Presiden Mongolia, Ukhnaagiin Khurelsukh (kanan) dan Paus Fransiskus bertemu pada hari Sabtu (2/9) di Istana Negara di Lapangan Sukhbaatar di Ulaanbaatar, Mongolia. (Foto: AP/Remo Casilli)

ULAANBAATAR, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus pada hari Sabtu (2/9) memuji tradisi kebebasan beragama di Mongolia sejak zaman pendirinya, Genghis Khan, saat ia membuka kunjungan kepausan yang pertama ke negara Asia tersebut dengan permohonan perdamaian dan diakhirinya konflik bersenjata, serta “ancaman korupsi yang berbahaya.”

Paus Fransiskus bertemu dengan Presiden Ukhnaagiin Khurelsukh di dalam ger, atau yurt bundar, rumah tradisional Mongolia, yang didirikan di dalam istana negara, dan menulis pesan di buku tamu bahwa ia mengunjungi Mongolia, “sebuah negara yang muda dan kuno, modern dan kaya akan tradisi, ” sebagai peziarah perdamaian.

Paus Fransiskus mengunjungi Mongolia untuk melayani komunitas kecil Katolik yang berjumlah 1.450 orang dan melakukan upaya diplomatik ke wilayah di mana Tahta Suci telah lama memiliki hubungan yang bermasalah, dengan Rusia di utara dan China di selatan.

Meskipun agama Kristen telah hadir di wilayah tersebut selama ratusan tahun, Gereja Katolik baru hadir di Mongolia pada tahun 1992, setelah negara tersebut meninggalkan pemerintahan komunis sekutu Uni Soviet dan mengabadikan kebebasan beragama dalam konstitusinya.

Dalam sambutannya, Paus Fransiskus memuji tradisi kebebasan beragama di Mongolia, dan menekankan bahwa toleransi semacam itu masih ada bahkan selama periode ekspansi besar-besaran Kekaisaran Mongol di sebagian besar dunia. Pada puncaknya, kekaisaran ini membentang hingga ke Hongaria hingga menjadi kekaisaran darat terbesar yang bersebelahan dalam sejarah dunia.

Saat ini, negara yang terkurung daratan di antara Rusia dan China ini mayoritas penduduknya beragama Buddha, dan memiliki hubungan tradisional dengan para lama terkemuka Tibet, termasuk Dalai Lama.

“Fakta bahwa kekaisaran dapat mencakup wilayah yang begitu jauh dan beragam selama berabad-abad membuktikan kemampuan luar biasa nenek moyang Anda dalam mengakui kualitas luar biasa dari masyarakat yang ada di wilayahnya yang luas dan memanfaatkan kualitas tersebut untuk kepentingan pembangunan bersama,” kata Paus Fransiskus kepada presiden, diplomat, dan pemimpin budaya dalam sambutannya di istana negara.

“Model ini harus dihargai dan diusulkan kembali di zaman kita sekarang,” katanya.

Mengacu pada periode stabilitas politik relatif pada abad ke-13 di Kekaisaran Mongol yang memungkinkan berkembangnya perdagangan dan perjalanan, Paus Fransiskus menyerukan agar periode persaudaraan dan perdamaian tersebut berakar pada masa kini.

“Semoga Tuhan mengabulkan hari ini, di bumi yang hancur karena konflik yang tak terhitung jumlahnya ini, terjadi pembaruan, dengan menghormati hukum internasional, kondisi yang dulunya pax mongolica, yaitu tidak adanya konflik,” katanya.

Khurelsukh juga merujuk pada “pax mongolica” dalam sambutannya, dan mengatakan bahwa semangat yang sama masih memandu upaya Mongolia untuk menjadi pemain multilateral yang damai di panggung dunia.

“Prestasi pax mongolica telah menciptakan landasan yang kuat bagi pengembangan rasa saling menghormati antara berbagai negara di dunia, menghargai nilai-nilai dan identitas satu sama lain, memungkinkan hidup berdampingan secara damai dari berbagai peradaban,” katanya.

Paus Fransiskus mencatat bahwa ia memberikan kepada presiden salinan asli surat yang ditulis oleh penguasa Kekaisaran Mongol saat itu, Guyuk Khan, kepada Paus Innosensius IV pada tahun 1246 setelah Paus mengirim utusan ke timur untuk memahami maksud dari kemajuan pesat kekaisaran tersebut.

Menurut salinan terjemahan surat yang direproduksi dalam buku “The Mongol Mission” tahun 1955, Guyuk mengindikasikan bahwa dia tidak memahami permintaan Paus agar dia masuk Kristen dan bersikeras bahwa Tuhan ada di sisinya, memerintahkan pasukannya untuk melakukan penaklukan.

“Meskipun engkau juga mengatakan bahwa aku harus menjadi seorang Kristen Nestorian yang gemetar, menyembah Tuhan dan menjadi seorang petapa, bagaimana engkau tahu siapa yang Tuhan mengampuni, sebenarnya kepada siapa Dia menunjukkan belas kasihan?” tulisnya, menurut terjemahannya. “Sejak terbitnya matahari hingga terbenamnya, seluruh negeri telah tunduk padaku. Siapa yang dapat melakukan hal ini bertentangan dengan perintah Tuhan?”

Dalam sambutannya, Paus Fransiskus juga memuji upaya Mongolia dalam menjaga lingkungan. Negara yang luas dan tidak memiliki lautan ini, yang secara historis sering dilanda cuaca ekstrem, dianggap sebagai salah satu negara yang paling terkena dampak perubahan iklim. Negara ini telah mengalami peningkatan suhu rata-rata sebesar 2,1 derajat Celcius (3,8 derajat Fahrenheit) selama 70 tahun terakhir, dan diperkirakan 77% lahannya terdegradasi karena penggembalaan berlebihan dan perubahan iklim, menurut Program Pembangunan PBB .

Mongolia akan menjadi tuan rumah konferensi PBB tentang penggurunan pada tahun 2026 dan telah meluncurkan kampanye untuk menanam satu miliar pohon di padang rumput yang luas dan pegunungan.

“Anda membantu kami untuk menghargai dan dengan hati-hati memupuk apa yang kami umat Kristiani anggap sebagai ciptaan Tuhan, buah dari rancangan kebajikan-Nya, dan untuk memerangi dampak kehancuran manusia melalui budaya kepedulian dan pandangan ke depan yang tercermin dalam kebijakan ekologi yang bertanggung jawab,” kata Paus Fransiskus.

Namun Paus Fransiskus mencatat perlunya memberantas korupsi, yang jelas merujuk pada skandal perdagangan Mongolia dengan China terkait dugaan pencurian 385.000 ton batu bara. Pada bulan Desember, ratusan orang menantang suhu dingin yang membekukan di ibu kota untuk memprotes skandal tersebut.

“Korupsi adalah buah dari mentalitas utilitarian dan tidak bermoral yang telah memiskinkan seluruh negara,” katanya. “Ini adalah tanda dari sebuah visi yang gagal untuk memandang ke langit dan melarikan diri dari cakrawala persaudaraan yang luas, malah menjadi tertutup dan hanya memikirkan kepentingannya sendiri.”

Dia mengatakan bahwa agama khususnya dapat menjadi perlindungan terhadap “ancaman korupsi yang berbahaya, yang secara efektif merupakan ancaman serius terhadap perkembangan komunitas manusia mana pun.”

Pemerintah Mongolia telah mendeklarasikan tahun 2023 sebagai “tahun anti korupsi” dan melaksanakan rencana lima bagian berdasarkan Transparency International, pengawas anti korupsi global yang menempatkan Mongolia pada peringkat ke-116 tahun lalu dalam indeks persepsi korupsinya.

Sabtu malam, Paus Fransiskus bertemu dengan para imam dan misionaris yang merawat komunitas Katolik kecil di negara itu di Katedral St. Peter dan Paul di ibu kota. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home