Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:28 WIB | Jumat, 24 Februari 2023

Putin Batalkan Perjanjian Pembatasan Senjata Nuklir dengan AS

Presiden Rusia, Vladimir Putin, memberi isyarat saat memberikan pidato kenegaraan tahunannya di Moskow, Rusia, Selasa, 21 Februari 2023. (Foto: Mikhail Metzel, Sputnik, Kremlin/pool via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM - Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada Selasa (21/2) menyatakan bahwa Moskow menangguhkan partisipasinya dalam perjanjian START Baru - pakta kontrol senjata nuklir terakhir yang tersisa dengan Amerika Serikat.

Ini- meningkatkan taruhan secara tajam di tengah ketegangan dengan Washington atas pertempuran di Ukraina.

Berbicara dalam pidato kenegaraannya, Putin juga mengatakan bahwa Rusia harus siap untuk melanjutkan uji coba senjata nuklir jika AS melakukannya, sebuah langkah yang akan mengakhiri larangan global terhadap uji coba senjata nuklir sejak masa Perang Dingin.

Menjelaskan keputusannya untuk menangguhkan kewajiban Rusia di bawah perjanjian New START, Putin menuduh AS dan sekutu NATO-nya secara terbuka menyatakan tujuan kekalahan Rusia dalam perang yang dimulainya di Ukraina.

"Mereka ingin menimbulkan 'kekalahan strategis' pada kami dan mencoba masuk ke fasilitas nuklir kami pada saat yang sama," katanya, mengumumkan keputusannya untuk menangguhkan partisipasi Rusia dalam perjanjian itu. “Dalam konteks ini, saya harus menyatakan hari ini bahwa Rusia menangguhkan partisipasinya dalam Perjanjian Senjata Serangan Strategis.”

Nama resmi New START adalah Perjanjian antara Amerika Serikat dan Federasi Rusia tentang Tindakan untuk Pengurangan Lebih Lanjut dan Pembatasan Senjata Serangan Strategis (The Treaty between the United States of America and the Russian Federation on Measures for the Further Reduction and Limitation of Strategic Offensive Arms).

NATO Minta Rusia Pertimbangkan Kembali

Sekretaris Jenderal NATO, Jens Stoltenberg, menyuarakan penyesalan tentang langkah Putin, dengan mengatakan bahwa “dengan keputusan hari ini tentang START Baru, arsitektur kendali senjata penuh telah dibongkar.”

“Saya sangat mendorong Rusia untuk mempertimbangkan kembali keputusannya dan menghormati perjanjian yang ada,” katanya kepada wartawan.

Putin berargumen bahwa sementara AS telah mendorong dimulainya kembali inspeksi fasilitas nuklir Rusia di bawah perjanjian itu, sekutu NATO telah membantu Ukraina melakukan serangan pesawat tak berawak ke pangkalan udara Rusia yang menampung pembom strategis berkemampuan nuklir.

Militer Rusia mengatakan bahwa mereka menembak jatuh pesawat tak berawak buatan Soviet yang menyerang dua pangkalan pembom jauh di dalam Rusia pada bulan Desember, tetapi mengakui bahwa beberapa prajurit tewas oleh puing-puing yang juga merusak beberapa pesawat.

Putin pada hari Selasa (21/2) mengejek pernyataan NATO yang mendesak Rusia untuk mengizinkan dimulainya kembali inspeksi AS terhadap situs senjata nuklir Rusia sebagai "semacam teater yang tidak masuk akal."

“Drone yang digunakan untuk itu dilengkapi dan dimodernisasi dengan bantuan ahli NATO,” kata Putin. “Dan sekarang mereka ingin memeriksa fasilitas pertahanan kita? Dalam kondisi konfrontasi hari ini, kedengarannya seperti omong kosong.”

Dia mengatakan bahwa sepekan yang lalu dia menandatangani perintah untuk mengerahkan rudal strategis berbasis darat baru dan bertanya: "Apakah mereka juga akan menyodokkan hidung mereka di sana?"

Pemimpin Rusia itu juga mencatat bahwa pernyataan NATO tentang START Baru mengangkat masalah senjata nuklir Inggris dan Prancis yang merupakan bagian dari kemampuan nuklir aliansi tetapi tidak termasuk dalam pakta AS-Rusia.

“Mereka juga ditujukan terhadap kita. Mereka ditujukan untuk melawan Rusia,” katanya. “Sebelum kita kembali membahas perjanjian itu, kita perlu memahami apa aspirasi anggota NATO Inggris dan Prancis dan bagaimana kita memperhitungkan persenjataan strategis mereka yang merupakan bagian dari potensi serangan gabungan aliansi.”

Belum Menarik Diri Sepenuhnya

Putin menekankan bahwa Rusia menangguhkan keterlibatannya dalam New START dan belum sepenuhnya menarik diri dari pakta tersebut.

Perjanjian START Baru, yang ditandatangani pada tahun 2010 oleh Presiden AS, Barack Obama, dan Presiden Rusia, Dmitry Medvedev, membatasi masing-masing negara untuk tidak lebih dari 1.550 hulu ledak nuklir yang dikerahkan dan 700 rudal dan pembom yang dikerahkan. Perjanjian tersebut membayangkan inspeksi menyeluruh di tempat untuk memverifikasi kepatuhan.

Hanya beberapa hari sebelum perjanjian itu akan berakhir pada Februari 2021, Rusia dan Amerika Serikat setuju untuk memperpanjangnya selama lima tahun lagi.

Rusia dan AS telah menangguhkan inspeksi bersama di bawah START Baru sejak dimulainya pandemi COVID-19, tetapi Moskow pada musim gugur yang lalu menolak untuk mengizinkan dimulainya kembali, meningkatkan ketidakpastian tentang masa depan pakta tersebut. Rusia juga menunda tanpa batas waktu putaran konsultasi yang direncanakan berdasarkan perjanjian itu.

Inspeksi Senjata Nuklir

Departemen Luar Negeri AS mengatakan bahwa penolakan Rusia untuk mengizinkan inspeksi "mencegah Amerika Serikat menggunakan hak-hak penting berdasarkan perjanjian dan mengancam kelangsungan kendali senjata nuklir AS-Rusia." Dicatat bahwa tidak ada yang menghalangi inspektur Rusia untuk melakukan inspeksi fasilitas AS.

Putin pada hari Selasa menantang pernyataan AS, menuduh bahwa Washington telah menolak beberapa permintaan Rusia untuk kunjungan ke fasilitas AS tertentu.

"Kami tidak diizinkan untuk melakukan inspeksi penuh berdasarkan perjanjian," katanya. "Kami tidak bisa benar-benar memeriksa apa pun di pihak mereka."

Dia menuduh bahwa AS sedang mengerjakan senjata nuklir dan beberapa orang di AS sedang mempertimbangkan rencana untuk melanjutkan uji coba nuklir yang dilarang di bawah larangan uji global yang berlaku setelah berakhirnya Perang Dingin.

“Dalam situasi ini, Rosatom (perusahaan nuklir negara Rusia) dan Kementerian Pertahanan harus memastikan kesiapan untuk uji coba senjata nuklir Rusia,” kata Putin. “Kami tentu saja tidak akan menjadi yang pertama melakukannya, tetapi jika AS melakukan tes, kami juga akan melakukannya. Tidak seorang pun boleh memiliki ilusi berbahaya bahwa paritas strategis global dapat dihancurkan.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home