Loading...
DUNIA
Penulis: Sotyati 11:05 WIB | Sabtu, 19 Juli 2014

PBB Kirimkan Bantuan ke Kota Terkepung Suriah

Ilustrasi pengungsi Suriah antre makanan bantuan, seperti terekam di kawasan pengungsian Maiber al-Salam di perbatasan Turki. (Foto: Dimitar Dilkoff/AFP/Getty Images)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyerahkan bantuan bagi ribuan orang di Kota Mouadamiya, Suriah, untuk pertama kalinya sejak awal 2012, kata lembaga kemanusiaan, Jumat (18/7).

Seorang juru bicara untuk Program Pangan Dunia (WFP) mengatakan pekerja bantuan dengan persediaan makanan dan kesehatan berhasil memasuki kota yang dilanda perang tersebut, 10 kilometer jauhnya dari barat daya Damaskus, pada 14 Juli.

“Pada 17 Juli, total jatah makanan untuk 2.900 keluarga dikirimkan untuk kebutuhan 14.500 orang (di Mouadamiya),” kata juru bicara Elisabeth Byrs, seraya menambahkan misi untuk membawa bantuan ke kota tersebut telah diperpanjang tiga hari.

Dewan Keamanan PBB pada Senin lalu menyetujui sebuah resolusi otorisasi konvoi kemanusiaan ke Suriah tanpa persetujuan dari rezim Damaskus, untuk membantu lebih dari satu juta warga sipil di daerah-daerah yang dikuasai pemberontak.

Juru bicara UNICEF Chris Tidey mengatakan kelompok bantuan telah mengirimkan ratusan bahan makanan dan 40.000 batang sabun ke kota tersebut, di mana gencatan senjata antara pemberontak Suriah dan pasukan pemerintah telah bergulir sejak Desember tahun lalu.

“Kondisi kehidupan di Mouadamiya sangat keras dan ada banyak laporan kasus kematian karena kelaparan,” katanya.

Lebih dari 10,8 juta warga Suriah membutuhkan bantuan, menurut pejabat PBB, yang telah menuduh Damaskus menghambat pengiriman pasokan untuk menyelamatkan nyawa mereka yang terjebak di sana. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home