Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 18:16 WIB | Rabu, 15 Desember 2021

PBB: Taliban Bunuh 100 Lebih Tentara Afghanistan

Pejuang aliban di atas kendaraan Humvee bersiap sebelum berparade di sepanjang jalan untuk merayakan setelah AS menarik semua pasukannya keluar dari Afghanistan, di Kandahar pada 1 September 2021 setelah militer Taliban mengambil alih negara itu. (Foto: dok. AFP)

KABUL, SATUHARAPAN.COM-Lebih dari 100 mantan pasukan keamanan nasional Afghanistan dan lainnya telah tewas sejak pengambilalihan Taliban pada bulan Agustus.

Sebagian besar kematian itu di tangan kelompok garis keras yang merekrut tentara anak laki-laki dan menghancurkan hak-hak perempuan, kata PBB pada hari Selasa (14/12).

Nada Al-Nashif, Wakil Komisaris Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia, mengatakan bahwa korban tewas termasuk setidaknya 50 tersangka anggota ISIS-K (ISIS Khorasan) musuh ideologis Taliban, dengan cara digantung dan dipenggal.

Setidaknya delapan aktivis Afghanistan dan dua wartawan telah tewas sejak Agustus, sementara PBB juga telah mendokumentasikan 59 penahanan yang tidak sah dan ancaman terhadap barisan mereka, katanya kepada Dewan Hak Asasi Manusia PBB di Jenewa. 

“Keamanan para hakim, jaksa, dan pengacara Afghanistan, khususnya perempuan profesional hukum, adalah masalah yang harus diwaspadai”, tambahnya. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home